Berapa Usia Terbaik untuk Hamil?

By Gisela Niken, Rabu, 27 Juli 2016 | 23:00 WIB
Berapa Usia Terbaik untuk Hamil? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com -  Salah satu kesuksesan kehamilan adalah usia. Kesehatan seseorang memang sangat dipengaruhi oleh usia. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan usia terbaik untuk hamil. Sebelumnya sekitar tahun 1960-an, rata-rata usia subur wanita adalah pada usia 23 tahun. Namun, seiringnya perubahan penelitian terbaru mengungkapkan usia terbaik untuk hamil adalah usia 28 hingga 30 tahun.Baca juga: 4 faktor penentu kesuburan pria

Penelitian yang dilakukan oleh Royal College of Obstetricians and Gynaecologists melakukan review dari beberapa penelitian dan melihat jumlah dan fenomena bahwa wanita yang memiliki bayi di usia lebih dari 40 tahun menigkat 3 kali lipat dari 20 tahun sebelumnya. Penelitian ini sendiri ingin mengungkapkan siklus hidup kesuburan si kecil.

Berdasarkan hasil temuan, waktu paling aman untuk hamil adalah antara usia 20 hingga 35 tahun. Sebanyak 30% ibu berusia 35 tahun membutuhkan lebih dari 1 tahun untuk hamil sementara hanya 5% dari ibu berusia 25 tahun yang membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun. Para peneliti menemukan risiko komplkasi seperti keguguran, kehamilan ektopik dan preeklampsia pada wanita usia 35 tahun ke atas.Baca juga: Usia tentukan kesuburan pria?

Para peneliti pun melihat usia tengah dan aman. Sebab ibu terlalu muda juga punya risiko dari faktor gaya hidup. Di usia muda, ibu muda di usia 20an cenderung belum stabil. Baik secara emosi maupun keuangan. Kehamilan akan mengubah mood dan membuat ibu sulit menerima kondisi perubahan ini. Meskipun memang kesuburan seseorang di usia ini masih sangat baik. Tidak hanya wanita saja, pria di usia 20an juga punya kesuburan yang baik.Baca juga: 5 faktor penentu kesuburan

Usia terbaik untuk hamil juga perlu melihat karir, kesehatan dan kestabilan keuangan. Ibu di usia 28 hingga 30 tahun dianggap sudah siap baik secara fisik maupun mental. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar risiko kehamilan di usia bisa diatasi. Di usia berapapun kesehatan Mama merupakan hal utama sebelum menyiapkan kehamilan.(Niken/New Kids Center)