Ini Alasan Mengapa Hormon Progesteron Penting Bagi Wanita

By Gisela Niken, Rabu, 27 Juli 2016 | 05:50 WIB
Ini Alasan Mengapa Hormon Progesteron Penting Bagi Wanita (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Hormon dalam tubuh memang memainkan peran penting dalam tubuh. Salah satu hormon penting bagi wanita adalah progesteron. Fungsi hormon ini juga sangat berhubungan dengan kesuburan. Jadi, hal ini merupakan salah satu alasan betapa pentingnya hormon progesteron bagi wanita.Baca juga: Hormon pengaruhi kesuburan, benarkah?

Kebanyakan wanita mengalami siklus menstruasi selama 28 hari. Progesteron merupakan hormon yang membangun lapisan rahim. Artinya, ia memersiapkan embrio masuk ke dalam rahim. Jika tidak hamil, lapisan ini runtuh dan keluar dan bisa kita sebut sebagai menstruasi.  Hormon ini juga membantu kesiapan tubuh saat hamil dan menjaga tubuh saat proses ovulasi.Baca juga: Ini caranya terapi hormon untuk kesuburan

Hormon ini juga sangat penting dalam kehamilan Mama. Saat hamil dan memiliki hormon progesteron rendah, artinya janin Mama mengalami ancaman kesehatan. Keguguran bisa menjadi risiko tertinggi jika hormon progesteron rendah. Untuk itu, ada baiknya Mama mengenali tanda dan penyebab hormon progesteron yang rendah.

Fungsi yang sangat penting ini kadang terganggu sebab banyak wanita yang memiliki tingkat progesteron yang rendah. Beberapa wanita yang mengalami kondisi ini biasanya disebabkan oleh tubuh yang memiliki lebih banyak hormon estrogen. Selain itu, wanita yang kurang olahraga dan cukup gizi juga bisa jadi penyebab rendahnya hormon progesteron.Baca juga: Yuk mengenal hormon-hormon kehamilan!

Melihat betapa pentingnya hormon progesteron bagi wanita, ada baiknya Mama mengenali gejala terjadinya kondisi ini. Depresi dan perubahan suasana hati seperti mudah marah jadi tanda umum yang kerap terjadi. Mama yang tiba-tiba mengalami penurunan berat badan disertai kurangnya konsentrasi juga bisa jadi gejala kurangnya hormon progesteron.(Niken/New Kids Center)