Si Kecil Hobi Coret-Coret Dinding Rumah? Jadikan Dia Seniman Bomber

By Ria Rizki Agustina, Sabtu, 9 Desember 2017 | 08:36 WIB
Si Kecil Hobby Mencoret-Coret Dinding Rumah? Ini Solusi Menanganinya ()

Nakita.id - Seiring dengan perkembangan si kecil, terkadang Moms akan mengalami kesulitan. 

Apalagi ketika si kecil mulai mengeksplorasi bakat kreativitasnya, salah satunya mencoret-coret dinding rumah. 

Walaupun tingkah si kecil yang aktif ini dapat merusak keindahan ruangan, akan lebih baik jangan dibatasi Moms.

Dikutip dari laman Nova.grid.id, menyebutkan bahwa kegiatan corat-coret, menurut Prof. Dr. S.C. Utami Munandar,Dipl-Psych., ada kaitannya dengan perkembangan motorik halus si anak.

"Bisa membantu dan melatih perkembangan motorik halusnya yang dibutuhkan nanti untuk menggambar, menulis dan sebagainya."

Menurut buku "Meningkatkan Keterampilan Anak TK" karya Yudha M Saputra dan Rudyanto, corat coret dapat mengasah keterampilan motorik halus dapat memfungsikan otot-otot kecil seperti gerakan jari tangan, mengkoordinasikan kecepatan tangan dengan mata, mengendalikan emosi. 

Nah, supaya eksplorasi coret-coret si kecil tidak terhambat, tapi juga dinding rumah tidak menjadi kanvas mural si kecil, Moms hanya perlu memiliki siasat. 

Caranya, Moms perlu memberikan pengertian secara halus bahwa dinding bukan tempat yang baik untuk menggambar.

Solusinya Moms membelikan buku bergambar atau buku gambar yang menarik untuknya, sebagai media baginya bereksplorasi. Selain itu Moms juga perlu mengikutkan si kecil dalam berbagai lomba melukissupaya eksplorasinya semakin terarah dan tersalurkan dengan optimal juga maksimal.

Bisa juga, Moms merelakan satu bagian dinding rumah sebagai tempat si kecil berkarya. Anggap saja dia seorang bombers, seniman mural yang kerap membuat gambar kece di dinding-dinding

Nah Moms, itu tadi beberapa trik  yang dapat dilakukan agar Si Kecil tidak mencoret-coret dinding rumah.