Ternyata Jambu Klutuk Bisa Bantu Moms Turunkan Berat Badan, Lho

By Maharani Kusuma Daruwati, Jumat, 8 Desember 2017 | 19:39 WIB
()

Nakita.id – Memiliki tubuh ideal adalah impian setiap wanita termasuk Moms.

Diet biasanya menjadi pilihan Moms untuk menurunkan berat badan. Berbagai macam cara Moms lakukan agar badan menjadi lebih ideal. Mulai dari mengurangi porsi makan hingga makan sayuran dan buah-buahan Moms lakukan.

Baca Juga: 7 Masker yang Ampuh Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam. Berani Membuktikannya? Tahukah Moms bahwa ternyata jambu biji juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan? Jambu biji atau yang sering juga disebut jambu klutuk, adalah buah yang amat berguna bagi kesehatan. Termasuk bagi mereka yang berniat mengurangi berat badan, Moms.

Melansir Kompas.com, Praktisi Gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan, Shilpa Arora mengatakan, jambu biji memiliki kadar GI yang rendah. GI adalah Indeks Glikemik yakni peringkat relatif karbohidrat dalam makanan sesuai dengan bagaimana makanan itu mempengaruhi kadar glukosa dalam darah. Jambu klutuk tidak menaikkan kadar gula darah. Selain itu, kata Arora, jambu klutuk adalah buah terbaik untuk menangani kondisi ketidakseimbangan hormon.

Baca Juga: Bisa! Ini Cara Gunakan BPJS untuk Melahirkan di Luar Kota atau Luar Daerah

Menurut Arora, seperti dikutip dari laman NDTV, penderita diabetes dan jantung sekalipun bisa menikmati nutrisi ini. Karbohidrat dengan nilai GI rendah atau kurang dari 55, akan lebih lambat dicerna, diserap dan dimetabolisme. Mengapa jambu klutuk ideal untuk menurunkan berat badan? Jambu klutuk menyimpan protein dan serat berkualitas bagus. Baik protein maupun serat membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Hal itu membuat Moms akan merasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Tentu, kondisi ini akan mencegah Moms untuk makan berlebihan, yang bisa berakibat pada kenaikan berat badan. Kandungan serat yang tinggi pun membantu mengatur metabolisme Moms. Jambu biji, terutama yang tidak matang, memiliki gula jauh lebih sedikit dibandingkan apel, jeruk, anggur, dan buah lainnya.

Baca Juga: Waduh! Usia Masih 9 Tahun, Kadar Gula Darah Anak Tike Priatnakusumah 475 mg/dL Jambu adalah buah kaya serat makanan, dan memenuhi sekitar 12 persen asupan serat harian. Jambu biji dimakan dalam bentuk apapun, membantu Anda untuk buang air besar lebih baik, dan meningkatkan pencernaan yang sehat. Nutrisi yang sehat akan membantu Moms menurunkan berat badan secara sehat. Jambu klutuk pun rendah kalori. 100 gram jambu klutuk memberi sekitar 52 kalori dan sedikit lemak. Arora mengatakan, jambu membakar lebih banyak kalori daripada yang sebenarnya. Jadi, jambu klutuk menjadi pilihan yang tepat untuk diet, Moms. Selamat mencoba, Moms.