Jelang Liburan Akhir Tahun, Ketahui Kiat Ini Agar Berlibur Bersama Si Kecil Senantiasa Ceria dan Menyenangkan

By Nita Febriani, Kamis, 19 Desember 2019 | 08:00 WIB
Liburan akhir tahun bersama Si Kecil (ake1150sb)

Nakita.id - Bersiap-siap menyambut akhir tahun merupakan hal yang menyenangkan ya, Moms. Liburan bersama keluarga tentu menjadi agenda wajib saat liburan akhir tahun tiba. Apalagi, biasanya liburan akhir tahun memiliki waktu yang relatif panjang sehingga banyak hal menyenangkan bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Mengingat bukan hanya orang dewasa saja yang pergi, tetapi juga anak-anak. Sehingga persiapan liburan akhir tahun bersama keluarga pun harus dipersiapkan dengan matang.

Banyak hal dalam perjalanan saat berlibur bisa membuat Si Kecil tak nyaman. Apalagi saat kita mengunjungi tempat yang sama sekali baru bagi mereka. Waktu tempuh yang cukup lama dan membosankan, suhu udara yang berbeda, makanan yang tidak cocok, hingga tempat tidur yang berbeda dengan yang biasa dirasakan di rumah, bisa membuat Si Kecil cranky lho.

Anak-anak bisa menunjukkan respon berbeda-beda pada pengalaman baru yang mereka temui. Tak jarang hal yang menurut Moms menyenangkan malah direspon negatif oleh Si Kecil.

Agar liburan akhir tahun bersama Si Kecil dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa kiat yang dapat Moms lakukan seperti berikut ini.

1. Buat daftar barang bawaan

Membuat daftar barang bawaan memudahkan Moms untuk mengemas barang-barang. Bawalah barang yang memang penting dan pilih tas yang berbobot ringan. Koper tak harus selalu penuh di awal, sisakan tempat untuk oleh-oleh agar saat pulang barang bawaan Moms tidak bertambah banyak. Sehingga tangan Moms tetap leluasa untuk bermain atau menggendong Si Kecil.

2. Keluarkan pakaian hangat

Jangan masukkan pakaian hangat seperti jaket atau sweater di dalam koper bagasi. Saat berpergian bersama anak-anak, hal ini patut diperhatikan, Moms. Terutama di perjalanan jarak jauh. Agar ketika suhu udara turun drastis, Si Kecil bisa tetap hangat dan merasa nyaman.

3. Barang pribadi anak

Jika Si Kecil memiliki bantal, mainan, atau selimut favorit dan mereka ingin membawanya, itu tak menjadi masalah. Ini berguna jika sewaktu-waktu Si Kecil merindukan rumah. Namun pastikan barang bawaan tersebut memang ringan dan mudah dikemas ya, Moms.

4. Cukup tidur