Virus Hepatitis A Rawan Menyerang Anak-anak, Perkuat Sistem Imun dan Lindungi Si Kecil dengan Cara Ini

By Nita Febriani, Jumat, 20 Desember 2019 | 08:00 WIB
Waspadai virus Hepatitis A menyerang anak-anak (tashahorse1984)

Nakita.id - Hepatitis A memang bukanlah penyakit yang sering kita temui pada anak seperti flu atau batuk. Meski begitu, Hepatitis A termasuk penyakit yang bisa menyebar dengan mudah, Moms. Terutama bila sistem kekebalan tubuh kita lemah.

Hepatitis A pada penyebarannya tak hanya mengincar orang dewasa, anak-anak pun sangat rawan terinfeksi. Terutama karena sistem kekebalan tubuh mereka juga masih berada dalam masa pertumbuhan.

Mengutip Kompas.com, Kamis (21/11/2019), Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, sebanyak 72 orang terjangkit virus Hepatitis A di Depok, Jawa Barat. Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, 60 penderita diantaranya adalah siswa dalam satu sekolah yang terserang Hepatitis A secara bersamaan.

Hal ini bisa terjadi karena penyakit Hepatitis A disebabkan oleh virus yang ditularkan dari feses penderita Hepatitis A. Virus Hepatitis A (HAV) dapat dengan mudah menyebar melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi. Keadaan lingkungan yang tidak sehat juga akan membuat seseorang lebih mudah terserang penyakit ini.

Memberikan Si Kecil vaksin merupakan cara pencegahan yang efektif untuk menekan angka kejadian hepatitis A. Namun sebagai perlindungan awal, sistem kekebalan tubuh yang kuat juga perlu dibangun untuk melindungi Si Kecil agar terhindar dari infeksi virus Hepatitis A. Layaknya sebuah rumah, sistem kebebalan tubuh manusia berperan sebagai pagar yang mencegah virus, bakteri, atau parasit masuk dan menyerang tubuh kita setiap harinya.

Pun sistem kekebalan tubuh akan beradaptasi dengan terus berubah dan merespon segala jenis kuman yang baru. Oleh sebab itu, memperkuat sistem kekebalan tubuh dapat menjadi perlindungan pertama agar terhindar dari virus Hepatitis A.

Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga berperan penting ketika Si Kecil terlanjur terinfeksi Hepatitis A. Pasalnya, pengobatan yang diberikan pada penderita Hepatitis A hanya berfungsi meringankan gejala-gejala yang dialami penderita Hepatitis A, sambil menunggu penyakit sembuh dengan sendirinya. Pada fase ini lah sistem kekebalan tubuh penderita Hepatitis A harus mampu membasmi virus tersebut agar Si Kecil bisa sembuh.

Sayangnya, tidak semua anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sejak lahir, Moms. Sehingga perlu upaya ekstra untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil agar terhindar dari virus penyakit seperti HAV.

Pola Hidup Sehat

Tanamkan kebiasaan hidup sehat kepada Si Kecil dengan cara menjaga kebersihan pribadi dan keluarga agar terhindar dari penyakit. Oleh karena virus seperti HAV menyebar dengan mudah melalui makanan dan lingkungan yang kotor, maka ajarkan Si Kecil untuk membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun setelah keluar dari kamar mandi atau sebelum makan.

Selain itu, olahraga juga menjadi salah satu cara jitu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Jangan biarkan anak-anak hanya terpaku di depan televisi setiap mereka berada di rumah. Ajaklah mereka bermain dan melakukan beberapa kegiatan olahraga. Dengan cara ini, selain dapat menambah keeratan keluarga, sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat.

Pastikan Si Kecil mengonsumsi setidaknya satu jenis buah dan sayuran segar setiap hari. Hindari mengonsumsi junk food dan makanan cepat saji, terutama bagi anak-anak. Dengan mengonsumsi makanan segar, sistem kekebalan tubuh Si Kecil akan meningkat.