Moms Awas Kalap di Hari Belanja Online Nasional. Ini Tanggalnya...

By David Togatorop, Sabtu, 9 Desember 2017 | 16:48 WIB
Harbolnas dengan serangkaian partner yang mendukung kampanye online ini (Nextren)

Nakita.id - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas ini adalah kampanye online yang digagas di tahun 2012 oleh Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka, dan Bukalapak.

Para pentolan toko online pada masa itu saling bekerja sama untuk menarik minat orang dalam berbelanja lewat Internet.

BACA JUGAGadis 16 Tahun Hamil! Gara-gara Terpengaruh Drama Korea?

Kini, 5 tahun kemudian, jumlah peserta toko online Harbolnas yang tadinya hanya 6 toko itu, kini sudah meningkat drastis menjadi 254 toko online!

Dari 254 peserta tersebut, kebanyakan berasal dari marketplace yang menjual baju dan aksesoris (di atas 60 peserta).

Sedangkan yang kedua terbanyak adalah toko yang menjual peralatan kesehatan dan makeup (di atas 20 peserta).

Kemudian diikuti dengan toko elektronik dan travel (belasan peserta).

Meski bulan lalu juga ada Harbolnas di tanggal 11 November 2017.

Kebanyakan peserta pada saat itu berasal dari toko online asal Tiongkok yang memang memanfaatkan momen Single Day yang populer di Tiongkok.

Mirip dengan itu ada Black Friday yang populer di negara-negara Barat.

BACA JUGANasoalveolar Molding, Alat Bantu Bagi Bayi Baru Lahir Bibir Sumbing Agar Proses Operasi Lebih Optimal

Jadi bisa dibilang, peserta Harbolnas kali ini adalah peserta toko yang berbeda.

Catat tanggalnya ya, Moms... 12 Desember!

Artikel ini pernah tayang di Nextren.