Bayi Prematur yang Diberi ASI Memiliki IQ Lebih Tinggi

By Gisela Niken, Selasa, 2 Agustus 2016 | 02:55 WIB
Bayi Prematur yang Diberi ASI Memiliki IQ Lebih Tinggi (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak manfaat dan keuntungan yang didapatkan jika si kecil terus diberi ASI. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Pediatrics mengungkapkan manfaat ASI bagi bayi prematur di kemudian hari. Menurut penelitian itu, bayi prematur yang diberi ASI akan memiliki IQ, prestasi akademik, fungsi motorik, hingga memori otak yang bekerja dengan baik.

Baca juga: Berikan ASI untuk Bayi Prematur

Penelitian ini menganalisis 180 bayi yang lahir prematur. Dengan hasil penelitian tersebut para peneliti ingin merekomendasikan ASI sebagai obat paling manjur untuk perawatan bayi prematur, terutama untuk mempercepat perawatan bayi di ruang NICU. Para peneliti juga menyarankan agar para ibu tidak stres karena dapat mengurangi produksi ASI.

Baca juga: Bayi Prematur Berisiko Terlambat Berkembang

Dalam penelitian ini, para peneliti menganalisis bayi yang lahir sebelum usia 30 minggu. Kemudian para peneliti mengkaji data terkait volume otak, kemampuan kognitif, hingga motorik sejak bayi hingga berusia 7 tahun. Bayi yang menerima ASI terutama pada masa-masa di rumah sakit memiliki volume otak yang lebih besar. Artinya, mereka akan memiliki IQ yang lebih tinggi, serta memori otak hingga fungsi motorik yang lebih baik.

Namun para peneliti menyadari bahwa ibu dengan bayi prematur pasti sulit memberikan ASI bagi bayi mereka. Untuk itu, penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi rumah sakit untuk membantu dan mendukung ibu memberikan ASI pada bayi prematur. Para peneliti juga akan melihat faktor-faktor pendukung lain selain ASI yang berpengaruh pada perkembangan otak bayi.

Baca juga: Merawat Bayi Prematur di Rumah

Ternyata, sangat besar ya manfaat ASI bagi bayi prematur. Jangan takut untuk meminta bantuan pada tenaga kesehatan jika Mama ingin memberikan si kecil ASI. Sentuhan antara Mama dan si kecil sejak dini akan membantu membangun ikatan serta mempermudah proses menyusui.