Berikan ASI Satu Jam Setelah Bayi Lahir

By Gisela Niken, Selasa, 2 Agustus 2016 | 00:25 WIB
Ini Risiko Kesehatan Jika Bayi Tidak Diberi ASI Satu Jam Setelah Lahir (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – UNICEF, sebuah lembaga anak dari PBB, mengungkapkan dampak jika bayi tidak diberi ASI terutama dalam saju jam setelah ia lahir. UNICEF mengungkapkan lebih dari separuh bayi yang tidak diberi ASI saat baru lahir berisiko meningkatkan berbagai penyakit serius, bahkan bisa memicu kematian.

Baca juga: 10 Keajaiban ASI yang Perlu Mama Tahu

Memberi ASI dalam satu jam setelah bayi lahir sangat bermanfaat, sebab ada nutrisi penting dan antibodi dalam ASI yang keluar. Selain itu, kontak kulit antara ibu dan bayi dapat menghangatkan bayi. Menurut UNICEF, menunda menyusui 2 hingga 23 jam setelah melahirkan meningkatkan risiko bayi meninggal hingga 40%. Sementara menunda 24 jam atau lebih bisa meningkatkan risiko kematian hingga 80%.

UNICEF mengungkapkan, setiap tahunnya 77 juta bayi di seluruh dunia tidak diberi ASI dalam satu jam pertama kehidupan mereka. Sebanyak 130 juta bayi lahir setiap tahun, yang artinya hampir setengahnya tidak mendapatkan ASI dalam kurun satu jam pertama kehidupan.

Baca juga: Ciri Bayi yang Cukup ASI

“ASI adalah vaksin pertama bayi. ASI menjadi perlindungan pertama dan terbaik terhadap penyakit yang dimiliki bayi,” ujar France B’Gin, penasihat nutrisi di UNICEF. Menunda pemberian ASI pertama akan membatasi pasokan susu serta mengurangi kemungkinan pemberian ASI eksklusif. UNICEF sendiri menemukan berbagai hambatan yang membuat bayi tidak langsung diberi ASI.

Tenaga kesehatan menjadi penyebab utama, karena mereka tidak mempromosikan pemberian ASI awal. Petugas kesehatan juga cenderung kurang membantu para ibu untuk memberikan ASI. Kondisi ini juga dipicu kebiasaan memberikan susu formula untuk bayi atau jenis cairan yang lain. Padahal, jika bayi mendapatkan ASI eksklusif hingga berusia 6 bulan, akan ada 800.000 jiwa yang diselamatkan setiap tahunnya.

Baca juga: Ternyata, Bayi ASI Lebih Cerdas

Di seluruh dunia, sebanyak 43% bayi berusia kurang dari 6 bulan tidak mendapatkan ASI eksklusif. Padahal, bayi yang tidak mendapatkan ASI sama sekali akan 14 kali lebih mungkin meninggal dibanding bayi yang mendapatkan ASI. Oleh sebab itu, pastikan Mama memberikan ASI dalam satu jam sejak bayi lahir untuk mencegah semua risiko kesehatan tersebut.