Ternyata, Menyusui Dapat Mencegah Mama Terserang Diabetes

By Gisela Niken, Senin, 1 Agustus 2016 | 22:50 WIB
Ternyata, Menyusui Dapat Mencegah Mama Terserang Penyakit Diabetes (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Semua orang pasti mengetahui bahwa ASI sangat bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Namun, ASI juga bermanfaat bagi ibu. Sebuah penelitian terbaru dari Jerman mengungkapkan manfaat menyusui bagi ibu, yaitu bahwa menyusui dapat menurunkan risiko Mama terkena diabetes.

Baca juga: Hebatnya Manfaat Inisasi Menyusui Dini!

Berdasarkan penelitian ini sebanyak 4% wanita hamil di Jerman mengalami diabetes saat hamil. Namun, kandungan gula dalam darah cenderung kembali normal setelah mereka melahirkan. Hanya setengah dari wanita tersebut yang mengalami diabetes pada 10 tahun berikutnya. Artinya, menyusui dapat menurunkan risiko diabetes hingga 40%.

Baca juga: Ini Manfaat Tersembunyi Menyusui bagi Ibu

“Kami mengamati bahwa wanita yang menyusui lebih lama berbeda dengan wanita yang menyusui dengan jangka waktu lebih pendek,” ujar Dr. Danieala Much, salah seorang peneliti. Waktu yang lebih panjang akan membuat perubahan dalam produksi fosfolipid yang berfungsi untuk membentuk membran sel. Kondisi ini sangat berhubungan dengan penyakit diabetes.

Temuan ini juga memberikan wawasan baru bahwa menyusui dapat melancarkan metabolisme. Kondisi ini dapat memberikan perlindungan terhadap aneka penyakit. Lancarnya metabolisme akan mencegah ibu terkena aneka penyakit serius.

Baca juga: Ini Manfaat Menyusui hingga Anak Berusia 2 Tahun

Beberapa studi sebelumnya memang sudah mengungkapkan manfaat menyusui bagi ibu. Dikatakan, menyusui selama lebih dari 3 bulan setelah melahirkan akan memberikan efek pencegahan terhadap diabetes. Efek pencegahan ini bahkan bisa berlangsung hingga 15 tahun. Sementara studi lainnya melihat bahwa menyusui dapat memengaruhi metabolisme tubuh yang dapat mengendalikan risiko diabetes.