Waspada! Ini Risiko Membiarkan Si Kecil Bermain Ponsel Sebelum Tidur

By Fita Nofiana, Sabtu, 9 Desember 2017 | 21:26 WIB
Anak dan teknologi Sebelum Tidur ()

Nakita.id - Moms mungkin seringkali membiarkan Si Kecil bermain dengan ponsel sebelum tidur, salah satu alasannya mungkin agar ia tidak rewel.

Namun nyatanya bila hal tersebut menjadi kebiasaan akan berdampak pada Si Kecil.

Diantaranya menyebabkan masalah pada pola tidur dan perkembangan tubuh si Kecil.

Hal iin dinyatakan oleh periset Penn State College of Medicine, tak hanya layar ponsel, layar televisi, laptop dan teknologi berlayar lainnya juga memengaruhi lho.

Para periset menemukan menggunakan teknologi sebelum tidur dikaitkan dengan kurang tidur, kualitas tidur yang kurang baik dan lebih banyak kelelahan di pagi hari.

Tak hanya itu Si Kecil juga akan mengalami masalah pada pertumbuhannya.

BACA JUGA:  Hari Antikorupsi: Moms and Dads Millenial, Begini Cara Mengajarkan Si Kecil Jadi Generasi Antikorupsi!

"Kami melihat, menggunakan teknologi sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan tidur dan gangguan masa pertumbuhan kata Fuller," ujar Caitlyn Fuller dalam jurnal Global Pediatric Health.

“Kami juga melihat penggunaan teknologi ini terkait dengan kelelahan di pagi hari, yang kemudian akan menjadi pola si anak, sehingga akan memengaruhi Body Massa Index (BMI),” tambahnya.

Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara penggunaan teknologi yang lebih banyak dan kurang tidur, kurang perhatian, dan peningkatan BMI pada remaja.

Tetapi meskipun penelitian menunjukkan 40 persen anak-anak memiliki ponsel pada kelas lima, para periset mengatakan tidak banyak yang diketahui tentang efek teknologi pada populasi yang lebih muda.

BACA JUGA: Mau Memelihara Hewan Buat Si Kecil? Pilih Salah Satu Dari Ini, Moms