5 Langkah Mudah untuk Mendorong Anak Lancar Bicara

By Gisela Niken, Rabu, 27 Juli 2016 | 04:00 WIB
5 Langkah Mudah untuk Mendorong Anak Lancar Bicara (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Setiap orangtua pasti menanti waktu anak yang bisa cepat bicara. Si kecil perlu bantuan Mama dan Papa untuk mendorongnya agar anak lancar bicara. Ternyata, ada aturan dan langkah mudah yang bisa Mama lakukan untuk mendorong perkembangan bahasanya. Ada pula beberapa hal yang perlu dihindari agar tidak mengganggu proses bahasanya.Baca juga: Usia 4 tahun belum bisa bicara, apa yang perlu Mama lakukan?

1.Mengurangi kebisingan di sekitar anakSebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam “Children Development” mengungkapkan terlalu banyak suara bising di area rumah dan lingkungannya membuat anak sulit untuk memelajari kata-kata baru. Penelitian ini melihat bahwa anak kurang bisa belajar efektif ketika terjadi kebisingan di sekitarnya. Untuk itu, Mama perlu menciptakan suasana tenang dan nyaman untuk si kecil. Biarkan kamar atau tempatnya bermain tidak terganggu suara bising dari luar rumah.

2.Memahami kepribadian anakSetiap anak memang dilahirkan dengan kepribadian yang berbeda. Sebagian anak memang senang untuk mengoceh dan senang mendengarkan orang lain berbicara. Namun, ada beberapa anak yang justru butuh ketenangan. Jangan sampai ia merasa kelelahan dan rewel karena terlalu banyak mendengar dan belajar bicara. Mama cukup menggunakan suara hangat dan tetap membiarkan mereka bereksplorasi dengan caranya sendiri.Baca juga: 6 cara agar anak dapat lancar bicara

3.Membaca bersama-samaMeskipun anak sudah mulai bisa membaca sendiri, namun ada baiknya Mama tetap bersamanya membaca buku. Jangan lupa untuk memberinya buku baru dan tidak hanya memberinya buku yang itu-itu saja. Membaca buku bersama akan membuatnya tetap mendengarkan kosakata baru yang benar dan tepat. Membaca bersama juga meningkatkan ikatan batin antara orangtua dan anak.

4.Hindari gadget sebanyak mungkinJangan biarkan si kecil cenderung bermain dengan gadget saja. Gadget akan membuatnya tidak sering berkomunikasi dengan orang lain. Gunakan mainan tradisional sebab mainan tersebut dapat membantunya untuk terus berbicara. Misalnya bermain balok sambil bermain peran. Biarkan ia berbicara dengan mainan yang ia pegang dan mendengarkan respon yang Mama berikan.Baca juga: Stimulus yang dibutuhkan agar anak lancar bicara

5.Tetap tenangSalah satu kunci agar anak lancar bicara adalah mengurangi kekhawatiran. Jika si kecil kerap diberikan informasi dan kata baru tanpa jeda, ia bisa saja rewel dan menolak melakukannya. Mama perlu menciptakan lingkungan yang nyaman untuknya belajar. Jangan terlalu memaksanya untuk terus menerus memelajari kata baru.(Niken/Mom.me)