Variasi Menu Makanan untuk Anak 2 Tahun

By Dini, Selasa, 26 Juli 2016 | 01:15 WIB
Variasi Menu Makanan untuk Anak 2 Tahun (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Selama ASI masih diberikan (dianjurkan hingga si kecil berusia 2 tahun), maka makanan dari sumber lain tetap dikatakan MPASI. Hanya, MPASI untuk bayi dengan anak di atas 1 tahun berbeda. Di usia bayi, MPASI-nya kan masih setengah padat atau teksturnya disesuaikan dengan usia si kecil.

Baca: Bolehkah Makanan Anak 1 Tahun Diberi Bumbu?

Di usia 2 tahun ke atas, anak sudah lepas dari ASI. Semua kebutuhan gizi anak pun akan didapat dari asupan makanannya. Konseppemberiannya tentu harus bergizi dan seimbang. Si kecil pun sudah bisa menikmati makanan yang lebih bervariasi untuk anak 2 tahun seperti, makanan bersantan, sup buntut, ikan bakar, gado-gado, nasi padang, dan lainnya. Namun tetap harus memerhatikan kesehatan, jangan sampai terlalu banyak gorengan, misalnya.

Mengenai takaran, juga semakin mendekati porsi makan dewasa. Si kecil juga lebih mandiri untuk memilih makanan yang disukai. Nah, tugas kita adalah menyajikan variasi menu untuk anak 2 tahun sehingga si kecil tidak bosan. Bila perlu, libatkan anak dalam memilih hidangan apa yang ia inginkan di hari itu.

Baca: 6 Jenis Buah Pertama untuk MPASI

Mengenai manfaat, banyak yang bisa diperoleh saat si batita bisa bergabung di meja makan. Ia akan merasakan suasana keluarga serta merasa dihargai karena Mama Papa pasti menanyakan si kecil tentang keinginan makannya. Buntut-buntutnya, si kecil pasti akan makan dengan lahap. Mama Papa pasti senang, kan?

Keuntungan lain, dengan dibiasakan makan di meja makan, si batita belajar etiket di meja makan. Seperti belajar bersabar (saat menunggu mengambil atau diambilkan nasi dan lauk-pauk), belajar cara menggunakan peralatan makan yang tepat, belajar untuk tidak berisik ketika mengunyah, dan lainnya.

Baca: Resiko Bila MPASI Diberikan Terlalu Dini

Selesai makan, si kecil bisa dimintai bantuannya membereskan meja makan. Atau minta ia melakukan hal-hal kecil lain, seperti melipat serbet makan lalu menaruh di keranjang cucian serta memisahkan sendok-garpu dengan piring.

Ternyata seru ya makan bersama di meja makan! Mulai sekarang coba siapkan variasi menu makanan untuk anak 2 tahun ya, Mam.

Variasi Menu Makanan untuk Anak 2 Tahun
Narasumber: Pritasari, SKM, Mkes, ahli gizi dari Politeknik Kesehatan Negeri Jakarta II

(Irfan Hasuki)