Ria Irawan Meninggal Dunia Usai Berjuang Melawan Kanker Getah Bening, Ketahui 4 Gejala Umumnya yang Sering Tidak Disadari

By Gabriela Stefani, Senin, 6 Januari 2020 | 08:58 WIB
Ria Irawan Meninggal Dunia Mengidap Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening (Instagram)

Nakita.id - Pagi ini jagat hiburan tanah air kembali diselimuti kabar duka dari aktris senior, Ria Irawan.

Ria Irawan meninggal dunia setelah divonis mengidap kanker kelenjar getah bening sejak tahun 2009.

Sebelumnya, kanker yang diderita Ria ini pernah dinyatakan sembuh melalui pengobatan kemoterapi di tahun 2014.

Sayangnya, kondisi Ria kembali memburuk di pertengahan tahun 2019 lantaran kankernya menyebar hingga ke kepala dan paru-paru.

Baca Juga: Sebelum Kritis dan Meninggal Dunia, Ria Irawan Sempat Pamerkan Momen Bercanda Terakhirnya Bareng Jokowi, Sudah Ada Firasat?

Kanker getah bening seperti yang diderita Ria Irawan menyerang salah satu sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan infeksi, yaitu sistem limfatik.

Pada dasarnya fungsi dari kelenjar betah bening adalah menghasilkan cairan yang mengandung sel darah putih untuk pencegahan infeksi.

Sel kanker yang berkembang di dalamnya menyebabkan jumlah sel-sel limfosit di kelenjar getah bening bertambah dengan cepat dan menjadi ganas.

Meski belum diketahui secara pasti penyebab dari kanker kelenjar getah bening, Moms dan Dads dapat mengetahui gejala awalnya agar dapat melakukan langkah pencegahan dan pengobatan sebelum bertambah parah.