Trik Jitu untuk Menolak Permintaan Anak

By Gisela Niken, Rabu, 27 Juli 2016 | 03:10 WIB
Trik Jitu untuk Menolak Permintaan Anak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com -  Anak di usia 3 hingga 5 tahun sudah mulai mengenal apa yang mereka suka dan tidak. Jadi, Mama jangan heran jika si kecil kerap meminta ini dan itu. Kadang tidak semua permintaannya bisa dikabulkan ya, Mam. Mama perlu trik khusus ketika menolak permintaan anak. Menolak dengan cara yang tidak tepat justru malah membuatnya jadi anak yang pembangkang.Baca juga: Menolak bermain dengan anak, bolehkah?

Secara umum, anak juga belum memahami mana yang benar dan salah. Untuk itu, ada baiknya Mama memberikan penjelasan dan memberikan perilaku positif dalam melarangnya. Mama bisa memberinya opsi lain. Misalnya ketika ia mulai meminta es krim, ada baiknya Mama mengatakan “Di rumah masih banyak buah-buahan yang bisa kita makan.” Ucapkan kata tersebut berulang kali hingga si kecil lupa akan keinginannya.Baca juga: Lakukan ini kepada anak yang suka menolak

Jika ia meminta melakukan hal yang cukup berbahaya misalnya berdiri di atas meja, ada baiknya Mama menjelaskan bahaya dengan kalimat sederhana. Hal ini akan jauh lebih membantunya memahami bahaya dibanding mengancamnya dengan hal yang tidak jelas. Saat ia sudah mulai sulit untuk diberikan penjelasan, ada baiknya Mama menawarkan hal lain. Misalnya minta ia memilih berdiri di atas meja atau bermain bola. Buat kegiatan yang menyenangkan dan positif yang dapat menarik perhatiannya.

Si kecil yang sangat mudah untuk berpindah fokus membuat Mama perlu memanfaatkan hal ini. Siapkan barang atau benda yang dapat membuatnya berpindah fokus. Hal ini sangat membantu Mama untuk menolak permintaannya saat acara tertentu atau pada saat di luar ruangan. Mama juga bisa mencegah terjadinya permintaan yang aneh-aneh. Misalnya saat berada di supermarket usahakan jauh dari rak permen yang bisa menarik perhatian si kecil.Baca juga: Ini caranya menolak anak

Sejak dini ada baiknya Mama belajar menolak permintaan anak. Tidak hanya masalah kedisiplinan saja, belajar menolak permintaan anak juga memberikan si kecil pembelajaran bahwa tidak seluruh yang ia inginkan bisa didapatkan. Berikan pengetahuan pula jika ingin mendapatkan sesuatu, seseorang perlu berusaha sendiri. Mama bisa mencoba permintaan anak dijadikan hadiah baginya.(Niken/Baby Center)