Jangan Dibuang Moms dan Dads, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Biji Anggur

By Kusmiyati, Senin, 11 Desember 2017 | 18:53 WIB
Jangan Dibuang Moms dan Dads, Ini 6 Manfaat Luar Biasa Biji Anggur ()

Nakita.id - Mungkin banyak yang tidak mengetahui, biji anggur ternyata menyimpan manfaat yang luar biasa.

Jangan dibuang Moms dan Dads, sebab  biji anggur memiliki kandungan lemak, karbohidrat, protein dan senyawa polifenol yang banyak menyimpan manfaatHal ini dikatakan oleh Rajesh Agarwal, PhD, salah satu peneliti di University of Colorado Cancer Center dan profesor di Skaggs School of Pharmaceutical Sciences. “Senyawa polifenol tersebut memiliki turunan berupa asam galat, catechin, epicatechin, gallocatechin, epigallocatechin, epicatechin, dan proanthocyanidins.Yang disebut terakhir bahkan memiliki sifat antioksidannya luar biasa. Kekuatannya mencapai 50 kali lebih besar dari vitamin E dan vitamin C.”

BACA JUGA Tahukah Moms? Seleb Tampan Korea ini Lahir dan Tinggal Lama di JakartaAgarwal mengakui, banyak di antara kita mempunyai kekhawatiran jika mengonsumsi biji anggur (grape seeds) ini akan menyebabkan usus buntu.“Namun ini tidak akan menjadi masalah karena biji anggur tidak sekeras biji cabai, sehingga masih aman untuk dikonsumsi, apalagi jika menilik manfaatnya bagi tubuh kita.” Untuk para perempuan, Agarwal meyakinkan biji anggur dapat menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit.

BACA JUGA Moms Barang-barang Ini Tidak Boleh Dekat Kulkas, Akibatnya Bisa FatalNamun sesungguhnya, masih banyak manfaatnya yang lain. Berikut adalah sejumlah manfaat lain biji anggur.1. Penangkal radikal bebas dan antikankerTingginya kandungan antioksidan dalam biji anggur berupa proanthocyanidins bisa menjadi zat antikanker. Keampuhan proanthocyanidins ini bisa menangkal radikal bebas karena kandungannya berlipat 20 sampai 50 kali vitamin C dan vitamin E.Ekstrak biji anggur juga dianggap lebih aman dari suplemen anti-oksidan vitamin A dan E yang terlarut dalam air.Agarwal  juga mengatakan biji anggur memiliki kelebihan dalam membunuh sel-sel kanker karena ia tak membunuh sel yang sehat.

BACA JUGA 'Hot' di Ranjang, Moms dan Dads Perlu Lakukan 5 Tips Foreplay Ini2. Mencegah strokeBiji buah anggur memiliki kandungan mineral yaitu seng (Zn) dan mangan (Mn) yang bermanfaat untuk tubuh. Biji anggur juga mengandung pycnogenol, yaitu zat penguat kologen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah kita. Kelenturan pembuluh darah sangat penting untuk mencegah gejala stroke. 3. Melembapkan kulit wajahBiji anggur mampu mengunci kelembapan dan memperkuat fungsi lapisan kulit terluar.

BACA JUGA Seandainya Bercerai dengan Raffi, Lebih Pilih Harta Gono-gini atau Hak Asuh Anak? Ini Jawaban Tegas NagitaFungsi ini sama seperti ekstrak kenari dan bunga lupin yang memiliki omega 3, 6, dan 9. Juga mengandung vitamin yang bisa melembapkan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberi nutrisi pada kulit dari dalam.4. Memelihara kesehatan sel tubuhBerdasarkan penelitian Shiuan Chen PhD dari Beckman Research Institute di London, biji anggur mengandung senyawa tertentu yang bisa menekan aktivitas hormon estrogen yang terlalu berlebihan yang bisa berbuntut pada kanker payudara. Hal ini terkait dengan kandungan grape seed proanthocyanidins/GSP yang memang diketahui ampuh menghambat kerja estrogen. 5. Meningkatkan libidoBiji anggur yang mengandung sejumlah mineral terbukti mampu meningkatkan kulitas seks pada perempuan.

BACA JUGA Duh, Diduga karena Sering Konsumsi Minuman ini, Anak Tike Priatnakusumah Kena Diabetes Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan di Indonesia oleh Febri dkk., dari Universitas Muhammadiyah Malang.Penelitian ini juga membuktikan, biji anggur juga sangat baik dalam membantu mengatasi peradangan prostat pada pria. 6. Menjaga keremajaan kulitKandungan grape seed proanthocyanidins (GPS) mempunyai kekuatan anti-oksidan 20 kali lipat dibandingkan dengan Vitamin C, E dan juga A. GPS dipercaya dapat melawan radikal bebas sehingga ia sangat baik melawan gejala penuaan serta membuat kulit tetap mulus dan kenyal. Agarwal menganjurkan untuk memilih buah anggur dengan warna yang gelap sebab kualitas bijinya dua kali lipat lebih baik. Jemur biji hingga kering lalu ditumbuk. Dapat dicampurkan di minuman atau saat makan buah lain. Jika tak ingin repot, ibu dapat membeli apsul ekstrak biji anggur atau minyak biji anggur.