5 Kesalahan Melakukan Seks yang Membuat Mama Susah Hamil

By Gisela Niken, Senin, 25 Juli 2016 | 04:35 WIB
5 Kesalahan Melakukan Seks yang Membuat Mama Susah Hamil (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Cepat hamil menjadi impian seluruh pasangan. Namun, ada banyak penyebab susah hamil yang kerap Mama temui. Salah satu penyebabnya adalah adanya kesalahan saat melakukan seks. Untuk itu, Mama perlu menghindari kesalahan saat melakukan seks berikut ini agar Mama bisa cepat hamil.Baca juga: Hormon tiroid kurang sebabkan Mama susah hamil

1.Jarang melakukan seksMengurangi seks memang kerap dilakukan untuk menghindari menurunnya kualitas sperma. Atau Mama hanya melakukan seks saat masa subur. Namun, hal ini tidak membuat Mama bisa cepat hamil. Ada baiknya Mama tetap melakukan seks meski di luar masa subur sebab bisa jadi masa ovulasi datang dengan tidak terduga. Melakukan seks satu hari sekali dianggap cukup dan tidak merusak kualitas sperma.

2.Terlalu sering melakukan seksBerbeda dengan poin 1, Mama juga tidak boleh terlalu sering melakukan seks. Terlalu sering melakukan seks akan menurunkan kualitas sperma dan sangat berpotensi menimbulkan masalah. Berhubungan seks beberapa kali dalam sehari akan menyebabkan penurunan kualitas. Ada baiknya Mama dan Papa mengatur ritme seks agar melakukan seks tidak dilakukan berkali-kali dalam satu kesempatan saja.Baca juga: Keputihan bikin susah hamil, kalau...

3.Melakukan seks dengan satu posisi sajaBanyak yang mengatakan bahwa posisi misionaris menjadi posisi seks terbaik untuk hamil. Atau ada yang mengatakan menjaga pinggul Mama tetap di atas akan membuat Mama cepat hamil. Ada baiknya Mama tidak melakukan posisi yang itu-itu saja. Tahukah Mama saat proses ejakulasi, sperma akan langsung menuju ke saluran rahim. Sehingga tak masalah dengan posisi asalkan terjadi proses ejakulasi.

4.Menganggap masalah kesuburan ada pada wanitaMasalah kesuburan bukan hanya masalah pada wanita saja lo. Pasangan yang sulit hamil bisa disebabkan oleh kedua pihak. Sebanyak 40% masalah kesuburan disebabkan oleh pria. Untuk mengetahuinya, ada baiknya Mama memeriksakan diri apalagi jika dalam kurun satu tahun telah berusaha untuk hamil namun belum membuahkan hasil.Baca juga: Susah hamil setelah KB, kenapa?

5.Tidak peduli soal masalah kesehatanPenyebab susah hamil yang perlu dipertimbangkan adalah kondisi kesehatan baik Mama dan Papa. Kelelahan dan stres sekalipun dapat menyebabkan kesulitan dalam proses untuk hamil. Jadi, masalah kesehatan sekecil apapun jangan sampai disepelekan karena sangat mungkin untuk menyebabkan masalah saat melakukan seks. (Niken/Parents)