Zaman Semakin Canggih, Layanan Kesehatan Bisa Mudah Diakses Didapatkan

By Erinintyani Shabrina Ramadhini, Sabtu, 14 April 2018 | 10:47 WIB
Diskusi Kesehatan: Seberapa besar peran teknologi terhadap akses kesehatan di Jakarta, Jumat (13/4). (Erinintyani Shabrina)

 

Nakita.id - Perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan setiap orang untuk mengakses informasi apapun, termasuk kesehatan.

BACA JUGA: [Reportase] Jangan Sampai Salah, Begini Dosis Obat Demam Untuk Ibu Hamil

Saat ini, permasalahan terbesar yang amat dirasakan dalam dunia kesehatan adalah layanan kesehatan yang belum dirasakan secara merata.

BACA JUGA: Tak Terduga, inilah Ancaman Kesehatan Dibalik Mesin Pengering Tangan

Hal ini terungkap dalam Forum Diskusi Kesehatan Philips Indonesia bertajuk Peran Teknologi dalam Meningkatkan Akses Kesehatan di Jakarta, Jumat (13/4).

"Sekarang ini, infrastruktur menjadi masalah besar dalam hal kesehatan yang menjadi tugas kita bersama untuk memperbaiki itu," jelas Suryo Suwignjo selaku Presiden Direktur Philips Indonesia.

Menurut Suryo terdapat empat faktor yang menjadi tantangan dunia kesehatan di Indonesia.

Pertama, Accessibility atau akses dimana pertumbuhan rumah sakit berkembang pesat namun belum terjamah oleh masyarakat yang ada di daerah terpencil.

Pasalnya, seluruh fasilitas yang mumpuni dan tenaga ahli masih terpusat di kota besar.

BACA JUGA: Begini Cara Cegah Anak Mengakses Situs Porno, Terapkan Parental Lock!

Kemudian capability, di mana tenaga dokter umum memang banyak namun tak sebanding dengan spesialis.

Lalu hal yang juga menjadi masalah yaitu Capacity, dimana ketersediaan alat-alat medis dengan terobosan yang inovatif belum dimiliki oleh banyak rumah sakit. Sehingga belum mampu mengakomodir banyaknya jumlah pasien.