Kepedesan? Buruan Minum Susu!

By Dini Felicitas, Rabu, 20 Juli 2016 | 01:50 WIB
Kepedesan? Buruan Minum Susu! (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Buat sebagian besar orang, makan nasi dan lauk-pauk belum akan lengkap tanpa sambal. Tak jarang kita akan menambahkan sambal lebih banyak daripada yang diperlukan, sampai akhirnya merasa tak bisa menahan rasa pedasnya.

Nah, daripada Mama mengambil air putih untuk meredakan pedas, lebih baik Mama mengambil susu. Soalnya, susu ternyata bisa menghilangkan rasa pedas dengan cepat, dan hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian dari New Mexico State University's Chile Pepper Institute.

Mengapa susu bisa menghilangkan pedas dengan cepat?

Sensasi terbakar yang disebabkan oleh kapkaisin ketika menyentuh selaput lendir biasa digunakan dalam makanan untuk menambahkan rasa. "Kapkaisin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai, yang membuatnya terasa pedas," kata Paul Bosland, profesor di NMSU dan direktur Chile Pepper Institute. Menurut para peneliti, kandungan protein dalam produk susu mampu menetralkan kapkaisin tersebut. "Ternyata susu punya protein yang dapat menggantikan kapkaisin pada reseptor di lidah kita. Itu benar-benar menjadi cara tercepat untuk mengurangi rasa pedas," katanya. Susu dan produk olahan susu lain, seperti sour cream dan es krim, ternyata bukan satu-satunya penghilang rasa pedas. Tim peneliti juga menemukan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat juga dapat membantu menghilangkan rasa pedas. "Karbohidrat juga menggantikan kapkaisin pada reseptor, tapi tidak seefektif susu," kata Bosland. "Contohnya roti atau gula. Gula lebih baik daripada roti (untuk menghilangkan pedas)."

Kebanyakan orang akan mengambil segelas air putih dingin begitu merasa kepedasan, tapi Bosland mengatakan bahwa meminum seteguk air hanya akan membersihkan kapkaisin di sekitar mulut saja. Untuk menghilangkan rasa pedas seluruhnya, minum susu lebih efektif. Silakan dicoba ya, Mam.