Kenapa Menstruasi Bisa Datang Lebih Cepat?

By Gisela Niken, Selasa, 12 Juli 2016 | 06:25 WIB
Kenapa Menstruasi Bisa Datang Lebih Cepat? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kok tiba-tiba sudah menstruasi lagi? Mama mungkin pernah mengalami menstruasi yang terjadi lebih cepat dari siklus biasanya. Menstruasi pada umumnya terjadi selama 2 hingga 7 hari dan jarak antara menstruasi per bulan 24 hingga 35 hari. Ternyata, ada berbagai penyebab menstruasi datang lebih cepat. Kondisi ini bisa saja menjadi gejala hal yang lebih serius.Baca juga: Manfaat menstruasi yang perlu Mama tahu

Penyebab umumnya biasanya terjadi pada remaja yang memang belum memiliki periode teratur. Memang membutuhkan bebeberapa bulan untuk mengatur jadwal rutin menstruasi.Selain itu, stres dan tekanan yang mama rasakan juga menjadi penyebabnya. Berat badan yang tiba-tiba berubah juga dapat mengubah kadar hormon sehingga menganggu periode.Baca juga: 5 fakta mengejutkan seputar menstruasi

Mama yang sedang memakai alat kontrasepsi dan pil KB juga sangat mungkin mengalami hal ini. Hormon buatan dalam pil KB memang mengakibatkan perubahan dalam tubuh termasuk periode menstruasi. Jadi, ketika Mama menghentikan pil KB jangan kaget jika Mama mendapatkan menstruasi yang tidak teratur karena tubuh kembali beradaptasi dengan kondisi hormon yang berbeda.

Menstruasi yang datang lebih cepat juga menjadi indikasi penyebab serius. Sindrom PCOS menjadi salah satu kondisi yang perlu Mama waspadai. Ketidak seimbangan hormon ini sangat berdampak pada siklus menstruasi termasuk tingkat kesuburan Mama. Mama juga perlu memeriksakan diri ke dokter jika siklus menstruasi yang tidak teratur dan keluar darah dalam jumlah banyak.Baca juga: Menstruasi tidak teratur, apakah bisa hamil?

Melihat penyebab menstruasi datang lebih cepat di atas, Mama bisa melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Makan teratur dengan pola hidup sehat sangat mungkin untuk mengembalikan siklus menstruasi. Mama juga perlu menenangkan pikiran dan menjauhkan diri dari stres. Tidur cukup juga bisa membantu Mama untuk mengatasi kondisi ini.(Niken/New Kids Center)