5 Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Rambut Rontok

By Gisela Niken, Senin, 11 Juli 2016 | 05:35 WIB
5 Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Rambut Rontok (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com –  Rambut rontok menjadi masalah yang sangat sering dialami oleh banyak wanita. Tidak hanya terjadi di usia tua, rambut rontok bisa terjadi pada usia berapa pun. Ada banyak penyebab rambut rontok yang bahkan sering Mama lakukan. Beberapa kebiasaan berikut ini pasti sering Mama lakukan dan Mama tak menyadari bahwa hal ini akan berdampak pada kerontokan rambut. Baca juga: Kiat atasi rambut rontok saat hamil

1. Diet Apa hubungannya antara diet dengan rambut rontok? Ternyata,pengurangan kalori akan menyebabkan pasokan nutrisi juga berkurang termasuk pasokan nutrisi ke rambut. Hal ini akhirnya berdampak pada kerontokan rambut. Tidak ada kerusakan rambut yang berarti akibat mengurangi kalori.  Sebab, kerontokan rambut yang disebabkan karena kurangnya gizi hanya bersifat sementara saja.

2. Tidak mencuci rambut hingga bersih Banyak wanita yang berpikir bahwa terlalu sering mencuci rambut akan mengakibatkan rambut rontok. Padahal, hal ini bukanlah masalah. Mencuci rambut justru membantu kepala tetap bersih. Saat kotor, kulit kepala akan berisiko mengalami peradangan seperti gatal dan bersisik. Kondisi ini akan membuat rambut Mama menjadi rontok. Saat berolahraga atau berkeringat, ada baiknya Mama langsung mencuci rambut guna mencegah kerontokan.

Baca juga: Nanas ampuh melawan ketombe dan rambut rontok 3. Selalu mengikat rambut Terlalu sering mengikat rambut juga menyebabkan rambut rontok. Ikatan rambut yang terlalu ketat akan merusak tepi kulit kepala. Mengikat rambut akan menyebabkan kerusakan pada folikel rambut. Untuk itu, Mama perlu menghindari mengepang, menguncir kuda hingga mengikat gaya cepol terlalu lama.

4. Stres dan terlalu sibuk Stres pasti berampak pada rambut rontok. Namun, Mama yang terlalu banyak kegiatan juga berpotensi menyebabkan rambut rontok. Rasa lelah berlebihan akan mengakibatkan hormon kortisol memberikan dampak negatif pada tubuh. Stres yang tinggi juga menyebabkan tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik sehingga rambut kekurangan nutrisi dan rontok. Baca juga: Rambut rontok saat hamil, ini penyebabnya!

5. Perawatan rambut berlebihan Kerusakan rambut tentu menjadi penyebab rambut rontok. Kerusakan rambut bisa terjadi akibat perawatan rambut yang terlalu sering dan berlebihan. Mencatok dan menggunakan hair dryer berlebihan akan membuat rambut menjadi kering. Selain itu, penggunaan bahan kimia yang berlebihan pada rambut juga sangat berpotensi mengurangi nutrisi ke rambut.