Diet Makanan Cair “Sembuhkan” Wanita Ini Dari Diabetes Tipe 2

By Soesanti Harini Hartono, Minggu, 17 Desember 2017 | 09:55 WIB
Isobel Murray ()

 

Nakita.id,- Penderita diabetes harus selalu waspada akan tingkat kadar gula dalam tubuhnya. Mereka pun harus menjalani diet ketat dan gaya hidup sehat untuk mendapat kadar gula darah yang normal.

Belum lama ini, sebuah uji coba yang didanai oleh UK Diabetes Center menemukan bahwa diet makanan cair rendah kalori bisa menghilangkan gejala diabetes tipe 2 atau mendapatkan remisi.

Dalam uji coba tersebut, 298 partisipan yang telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2 selama enam tahun terakhir diharuskan mengonsumsi makanan cair rendah kalori selama lima bulan untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Baca juga: Mengapa Kue Onde-onde Berbentuk Bulat, Ini Dia Kisah Unik Dibaliknya

Salah satu partisipan uji coba ini adalah Isobel Murray (65), warga Largs di Ayrshire Utara. Mantan penderita diebetes tipe 2 ini berhasil menurunkan berat badan sebanyak 25 kilogram dan meninggalkan obat-obatan diebetes.

"Saya jadi memiliki hidup saya kembali," katanya seperti dikutip di BBC, Selasa (5/12/2017).

Isobel menjalani diet makanan cair selama 17 minggu, dan dalam kurun waktu tersebut, dia berhenti memasak dan berbelanja, serta tidak makan bersama dengan suaminya.

Dalam sehari, dia hanya makan empat bungkus makanan cair yang masing-masing 200 kalori dengan kandungan nutrisi yang tepat.

Setelah berat badan turun, para peneliti kemudian membantu Isobel dan partisipan lain untuk kembali ke makanan padat yang sehat.

Dipublikasikan di jurnal The Lancet dan dipresentasikan di International Diabetes Federation, hasil dari uji coba ini sebagai berikut:

- 46% pasien yang menjalani uji coba mendapatkan remisi diabetes tipe 2 setelah setahun berlalu.