Ini Jenis Makanan Yang Dapat Mengatasi Flu Kala Liburan

By Gisela Niken, Rabu, 6 Juli 2016 | 00:00 WIB
Ini Jenis Makanan Yang Dapat Mengatasi Flu Kala Liburan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat liburan dan merayakan idul fitri, Mama dan sekeluarga perlu menjaga kesehatan. Salah satu penyakit yang rentan dirasakan saat liburan adalah flu. Rasa lelah serta perbedaan suhu di sekitar Mama dapat menjadi penyebab flu. Berikut beberapa makanan yang dapat menjadi cara mengatasi flu. Saat anak atau keluarga mulai merasakan gejala flu, ada baiknya Mama memberikan makanan ini.

Baca juga: 5 makanan untuk menyembuhkan flu dan batuk 1.Ikan sarden Ternyata, ikan sarden dapat mengatasi flu. Asam lemak omega-3 dalam sarden dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian megungkapkan, jumlah omega-3 dalam sarden masuk ke dalam kandungan gizi tertinggi dibanding jenis ikan lain seperti salmon dan tuna. Ikan sarden juga memiliki protein, kalsium dan vitamin D agar kesehatan keluarga tetap terjaga selama masa liburan.

2.Paprika Saat mengalami flu biasanya orang langsung mencari vitamin C. Selain jeruk atau buah-buahan, paprika khususnya paprika kuning mengandung vitamin C yang tinggi. Berbagai penelitian telah menunjukkan manfaat paprika yakni mengatasi gejala flu serta mencegah seseorang mengalami flu. Demam juga bisa diatasi dengan mengonsumsi paprika kuning lo, Mam.

Baca juga: Tangkal flu pada bayi dengan ASI 3.Jamur Jamur mengandung vitamin B dan antioksidan. Kandungan ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi jamur, tubuh akan memiliki efek antivirus dan tubuh dapat memproduksi sel-sel yang dapat melawan infeksi. Jamur shitake menjadi salah satu jamur yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

4.Sup ayam Sup ayam menjadi cara lama yang memang sangat dipercaya dapat mengusir flu. Cairan hangat memang sangat membantu melegakan tenggorokan. Selain itu, air juga menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Nebraska Medical Center mengungkapkan bahwa kaldu, sayuran dan ayam dalam sup memiliki sifat anti-inflamasi. Artinya, sup ayam dapat mengurangi penyakit dengan gangguan saluran pernafasan.

Baca juga: Obat flu alami untuk batita 5.Jahe Rempah-rempah ini memang telah lama dipercaya dapat menjadi cara mengatasii flu. Jahe yang dicampur dalam teh dipercaya dapat mencegah terjadinya flu dan demam. Selain itu, jahe juga dapat mencegah dan mengatasi mual. Aroma dan rasanya dapat menghilangkan lendir serta mengatasi rasa tidak nyaman akibat mual atau muntah.