Kaki Kram Saat Tidur? Ternyata, Ini Penyebabnya!

By Gisela Niken, Jumat, 1 Juli 2016 | 05:40 WIB
Kaki Kram Saat Tidur? Ternyata, Ini Penyebabnya! (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Pernahkah Mama terbangun karena merasa kram kaki? Mungkin Mama bingung apa yang menjadi penyebabnya. Apalagi kita dalam keadaan tidur dan tidak melakukan aktivitas fisik. Kaki kram saat tidur dapat merusak waktu tidur dan dapat pula jadi masalah kesehatan lain. Berikut beberapa penyebab kaki kram saat tidur yang perlu Mama ketahui.Baca juga: Kram kaki berlebih saat hamil

Dehidrasi menjadi penyebab umum kaki kram saat tidur. Kurangnya cairan dalam tubuh berakibat otot bekerja lebih keras. Kerja keras mengakibatkan kram pada kaki. Untuk itu penting bagi Mama untuk minum air putih sebelum tidur. Mama yang sedang mengonsumsi obat tertentu juga dapat mengakibatkan kaki kram saat tidur. Mama perlu berkonsultasi pada dokter jika mengalami hal ini.Baca juga: Perut sering kram, boleh puasa saat hamil?

Saat mengalami kaki kram saat tidur, Mama mungkin bisa melihat kegiatan selama satu hari. Aktivitas fisik yang terlalu tinggi selama satu hari sangat mudah menimbulkan ketegangan otot. Terlalu banyak olahraga juga bisa mengakibatkan kaki kram saat tidur. Sering kali orang yang mengalami kaki kram saat tidur juga mengalami kelelahan otot. Bisa jadi masalah ini dapat jadi masalah yang lebih serius.

Tidak hanya masalah sepele, kram kaki juga dapat jadi gejala berbagai penyakit.Kaki kram saat tidur juga bisa disebabkan oleh kelenjar tiroid yang bekerja terlalu tinggi. Hal ini mengakibatkan kaki dan tangan sering kram. Salah satu akibat yang didapatkan adalah kaki kram saat tidur di malam hari. Kram kaki pada malam hari juga sebagai tanda bahwa tekanan darah Mama juga tinggi. Jadi, kram kaki saat tidur mungkin saja menjadi gejala penyakit yang lebih serius.Baca juga: Cara mudah meredakan kram perut saat menstruasi

Seperti penyakit otot pada umumnya, penyebab kaki kram saat tidur juga disebabkan oleh kekurangan beberapa zat gizi. Mineral penting seperti sodium dan potasium harus Mama penuhi untuk mencegah terjadinya kaki kram saat tidur.(Niken/Boldsky)