Trik Mudah Mengurangi Porsi Makan

By Gisela Niken, Senin, 27 Juni 2016 | 04:55 WIB
Trik Mudah Mengurangi Porsi Makan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tidak hanya memilih menu yang sehat, Mama harus mengurangi porsi makan jika ingin mengurangi berat badan . Kadang tubuh tidak membutuhkan porsi makanan yang berlebihan. Untuk itu, Mama perlu mengendalikan nafsu makan dengan cara mengurangi porsi makan. Mengontrol berapa porsi makan yang masuk juga membantu Mama untuk tidak dengan mudah mendapatkan rasa lapar.Baca juga: Cara mengukur porsi makan

Pertama-tama, Mama perlu menentukan ukuran porsi makan. Misalnya mengambil nasi tidak lebih dari satu centong atau satu kepalan tangan. Cara ini sangat mudah untuk menentukan porsi setiap makan. Cara ini bisa Mama lakukan pada porsi makan dalam bentuk nasi, pasta ataupun kentang. Membatasi dengan porsi tertentu secara konsisten akan membuat perut Mama terbiasa.

Mama juga harus membatasi mengambil terlu banyak menu makanan. Misalnya ketika makan es krim, jangan terlalu banyak memilih topping. Meski jumlahnya sedikit, hal ini akan semakin menambah jumlah kalori. Pilih satu menu makanan yang memang ingin Mama konsumsi untukn mencegah makan porsi yang terlalu besar.Baca juga: Makan keju tiap hari boleh saja, asal ingat porsinya!

Salah satu faktor yang membuat berat badan naik adalah camilan. Saat mengonsumsi makanan ringan, ada baiknya Mama mengambil makanan dari plastik sesuai dengan porsi yang Mama tentukan. Hal ini akan membuat Mama memang mengonsumsi makanan yang seperlunya saja. Makan langsung dari bungkus camilan berpotensi membuat Mama menghabiskan semua camilan.

Tidak hanya jumlah saja, Mama bisa menyiasati usaha mengurangi porsi makan dengan mengganti alat makan. Ganti piring dan sendok menjadi lebih kecil. Hal ini akan memberikan stimulus Mama agar mengambil porsi yang tidak terlalu banyak. Selain itu, mengunyah lebih sering juga membuat makanan terproses dengan baik. Hal ini akan membuat Mama jadi tidak mudah lapar.Baca juga: Makan teratur dengan porsi kecil, berat badan lebih cepat turun 

Mama juga perlu mencari pengganti apa yang Mama biasa konsumsi agar dapat mengurangi porsi makan. Jangan tergoda untuk mencoba makanan yang Mama jauhi dari daftar diet sebab konsistensi sangat diperlukan untuk mengontrol pola makan. Lebih baik ganti makanan yang ingin Mama makan dengan jenis makanan lainnya.

(Niken/Live Strong)