Catat! Ini 3 Alasan Mengapa Moms Harus Melakukan Perencanaan Keluarga

By Gisela Niken, Jumat, 20 April 2018 | 17:28 WIB
Alasan mengapa Moms perlu melakukan perencanaan keluarga ()

 

Nakita.id – Apakah Moms sudah memikirkan perencanaan keluarga bersama pasangan? Ternyata ada banyak hal yang bisa didapat jika melakukan perencanaan, mulai dari rencana kehamilan, jumlah anak yang diinginkan hingga keuangan. Berikut tiga alasan mengapa Moms perlu melakukan perencanaan keluarga.

1. Menjaga keuangan keluarga lebih stabil

Ternyata ada hubungan antara perencanaan keluarga yang baik dengan keuangan keluarga. Sebuah studi dari Guttmacher Institute mengungkapkan bahwa perencanaan keluarga, seperti menentukan kapan memiliki anak, akan membuat keuangan lebih stabil. Selain itu, seluruh anggota keluarga termasuk Si Kecil akan lebih bahagia dan sejahtera.

2.Membuat ibu dan anak menjadi lebih sehat

Perencanaan keluarga yang matang juga berdampak bagi kesehatan ibu dan anak. Risiko yang mungkin terjadi dari perencanaan keluarga yang kurang matang adalah jarak kehamilan yang terlalu dekat. Lantas, apa akibatnya jika jarak kehamilan terlalu dekat?

Menurut penelitian dari Center of Disease Control and Prevention di Amerika Serikat, jarak kehamilan dalam kurun waktu kurang dari 18 bulan setelah melahirkan dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah dan kelahiran prematur.

Selain itu, moms yang belum pulih setelah hamil dan melahirkan kembali akan menyebabkan munculnya berbagai risiko kesehatan. Karena itu, lakukan perencanaan kehamilan yang terbaik, misalnya dengan menggunakan alat kontrasepsi. Apapun pilihan Moms, pastikan itu membuat Moms merasa nyaman dan tetap merasa pede sehari-hari.

3. Perkembangan anak jadi lebih maksimal

Kebutuhan anak pastinya harus terpenuhi dengan baik agar tumbuh kembangnya maksimal. Dengan perencanaan keluarga, Moms dapat memenuhi kebutuhan si kecil mulai dari kesehatan, pendidikan hingga pengasuhan yang maksimal.

Di sisi lain, kasih sayang yang cukup akan menunjang tumbuh kembang anak. Dan dengan perencanaan keluarga yang matang, Moms juga akan lebih fokus saat mengasuh anak. Hasilnya, tumbuh kembang anak jadi lebih maksimal termasuk dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan sosialnya.

Tiga manfaat tadi bisa membuat Moms yakin untuk melakukan persiapan agar keluarga terus bahagia dan sejahtera di masa mendatang. Seperti tiga orang Moms ini. Icha Avrianty, Tania Ray Mina, dan Noviana Safitri merupakan tiga sosok perempuan yang yakin untuk merencanakan keluarga. Penasaran apa makna perencanaan keluarga dan bagaimana caranya menurut versi mereka? Yuk simak cerita selengkapnya di video berikut ini. Dan Moms juga bisa kunjungi www.moth3rs.com untuk mendapatkan informasi dan tips tentang perencanaan keluarga agar Moms dan keluarga menjadi lebih bahagia.