‘Live Like A Pro’: Ajakan Hidup Sehat dari Beko Lawan Virus dengan Jaga Imunitas dan Kebersihan

By Shinta Dwi Ayu, Kamis, 26 Maret 2020 | 20:30 WIB
Virus corona. (Freepik)

Nakita.id - Kasus virus corona di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat drastis. 

Sudah ada 893 kasus positif virus corona yang sudah tercatat hingga sampai saat ini. 

“World Health Organization (WHO) dan pemerintah Indonesia telah mengeluarkan himbauan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, serta anjuran untuk tetap berada di rumah, sebagai langkah antisipasi guna mencegah penyebaran virus lebih luas. Beko percaya, langkah pencegahan ini akan semakin efektif, ketika didukung dengan beragam teknologi yang memudahkan masyarakat dalam menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Semangat ‘Live Like A Pro’ dihadirkan oleh Beko, guna mengajak masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat, guna melawan penyebaran virus dan penyakit berbahaya,” jelas Ali Cagri Gonculer, Country General Manager Beko Indonesia.

Baca Juga: Penting! Ternyata Seperti Ini Peran Sabun, Hand Sanitizer, dan Air Hangat untuk Melawan Virus Corona, Simak Moms!

Virus merupakan makhluk hidup berukuran mikro atau bisa disebut mikroorganisme yang hanya bisa hidup jika memiliki inang, seperti manusia atau hewan.

Pada saat virus menemukan inangnya, virus akan menjelajah masuk kedalam sel tubuh manusia dan dapat merusak sel tubuh.

Di sinilah imunitas tubuh dibutuhkan.

“Imunitas atau sistem kekebalan berperan sebagai barrier yang berfungsi untuk menahan tubuh dari serangan berbagai virus. Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, virus memang akan tetap ada di dalam tubuh kita, hanya saja virus tersebut bersifat dormant atau tertidur. Untuk memperkuat imunitas tubuh tentunya kita harus disiplin dalam hal memilih asupan. Asupan yang baik bukan hanya dari buah dan sayur tetapi juga protein. Protein khususnya dibutuhkan untuk orang-orang yang ingin menaikan sistem kekebalan tubuhnya," jelas dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp. GK selaku spesialis gizi klinik.

"Konsumsi sayuran dan buah (vitamin dan mineral) tentu diperlukan, hanya saja yang perlu diingat adalah untuk tetap menjaga konsumsi gizi secara seimbang, contohnya di dalam 1 piring harus mencakup karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin dan mineral,” tambahnya lagi.

Baca Juga: Wabah Virus Corona Terus Melonjak Tajam, Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Perpanjang Kegiatan Belajar di Rumah Menjadi Dua Bulan ke Depan 

Ditambahkan dr. Diana, terkait penyebaran virus, bukan hanya dari dalam tubuh, rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, rutin berolahraga serta istirahat cukup juga berperanpenting dalam mencegah penyebaran virus dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

Menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan perlu dilakukan mulai dari diri sendiri dan di lingkungan terkecil, yaitu rumah.

Dengan perangkat rumah tangga yang tepat, upaya ini akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Berikut 5 perangkat rumah tangga yang dapat membantumenjagak kesehatan sekaligus kebersihan, guna melawan penyebaran virus dan bakteri di rumah: