Fenomena Baru, Memberikan MPASI Dengan Cara Responsive Feeding

By Soesanti Harini Hartono, Jumat, 20 April 2018 | 20:30 WIB
Responsive feeding adalah prinsip pemberian MPASI yang berdasarkan pada kebutuhan kapan bayi membutuhkan makan, bukan pada jadwal pemberian makan yang ketat. (Kinderling Kids Radio)

Nakita.id.-  Setelah melewati masa ASI eksklusif, pemberian makanan pendamping ASI ( MPASI) menjadi perhatian berikutnya. Mulai pemilihan makanan, hingga cara pemberiannya.

Dalam memberi MPASI, Moms perlu mempertimbangkan beberapa hal agar kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi.

Di antaranya variasi makanan, frekuensi pemberian makanan, konsistensi, terutama terkait kebersihan proses pembuatan dan pemilihan bahan makanan, juga pemberian makan sesuai usia dan kebutuhan serta kondisi bayi.

Adapun mengenai jadwal makan, Moms sebaiknya melihat kondisi bayi dalam mengatur jadwal makan.

BACA JUGA: Anak Celine Evangelista Makan Buah Ini Diawal MPASI, Ini 6 Buah Pertama yang Baik untuk MPASI

Dengan kata lain, Moms tidak perlu terlalu ketat dengan jadwal makan, tetapi perlu tugas dan menerapkan responsive feeding.

Menurut dr. Meta Hanindita, SpA., dalam bukunya Mommyclopedia. Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun ( Penerbit Gramedia Pustaka Utama, 2015), responsive feeding turut menentukan keberhasilan pemberian MPASI, terutama bagi Moms bekerja.

Dengan begitu, Moms bisa memberikan MPASI sesuai kebutuhan anak yang pastinya berbeda satu dengan lainnya.

"Dengan responsif melihat kondisi bayi, ibu bekerja justru bisa memberikan makan saat bayi memang butuh makanan,

tanpa fanatik dengan jadwal makan. Sebelum berangkat bekerja, jika memang bayi menunjukkan keinginan makan, ibu bisa memberinya makanan," tulis Meta.