4 Kesalahan Orangtua Dalam Menggunakan Media Sosial

By Gisela Niken, Jumat, 10 Juni 2016 | 00:35 WIB
4 Kesalahan Orangtua Dalam Menggunakan Media Sosial (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Media sosial yang sudah sangat berkembang pesat membuat semua kalangan sudah akrab memakainya. Mama tentu juga sangat memahami dalam menggunakan media sosial bukan? Namun, ada beberapa hal yang perlu Mama perhatikan dalam menggunakan media sosial. Kesalahan orangtua dalam menggunakan media sosial berikut ini bisa saja mengancam keselamatan Mama dan juga si kecil lo.Baca juga: Hati-hati pamer foto dan informasi anak di Facebook, ini bahayanya!

1.Tidak mengatur privasi media sosialBanyak orang yang semakin senang menggunakan media sosial untuk berbagi macam-macam hal, bahkan mengenai informasi pribadi. Data anak mulai dari tanggal lahir hingga kegiatan apapun yang ia lakukan bisa diketahui banyak orang. Tak masalah jika Mama ingin berbagi informasi tersebut, namun ada baiknya Mama mengubah privacy setting yang disediakan di setiap media sosial. Biarlah informasi tersebut hanya dilihat oleh teman-teman Mama saja dan tidak terbuka untuk publik.Baca juga: Wow! Pengikut sosial media 6 bayi artis ini mencapai ratusan ribu 

2.Posting foto anak seenaknyaSi kecil boleh jadi sedang dalam pose yang lucu. Namun, jangan sesekali memposting foto anak dengan pose yang tidak pantas seperti sedang memegang minuman keras atau hal buruk lainnya. Hal ini bisa disalahgunakan oleh orang lain lo, Mam. Mama juga jangan memposting foto yang mempermalukan anak karena akan membuat anak mudah dibully.

3.Posting foto orang lain yang tidak pantasMama perlu memerhatikan etika saat berbagi foto. Jangan sampai Mama memposting foto yang justru mempermalukan orang lain. Misalnya foto seseorang sedang tidur. Hal ini akan menimbulkan konflik sosial. Apalagi jika Mama memposting foto anak dari teman Mama. Tidak etis rasanya jika mengumbar sesuatu tanpa izin orangtua anak tersebut.Baca juga: Jangan posting 8 foto ini di media sosialjavascript:mctmp(0);

4.Memberi tahu informasi lengkap mengenai lokasi rumah hingga nomor teleponSudah banyak kasus yang dimulai dari media sosial. Jangan sesekali menaruh alamat lengkap di media sosial. Mama tak akan tahu berapa juta orang yang bisa mengetahuinya. Apalagi informasi mengenai nomor telepon sebab hal tersebut sudah mengancam privasi Mama dan keluarga. Nomor telepon Mama juga bisa disalahgunakan.

Media sosial diciptakan untuk membantu Mama berkomunikasi dengan orang sekitar tanpa melihat jarak dan waktu. Untuk itu, Mama perlu menghindari kesalahan orangtua dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai media sosial malah membuat masalah di kehidupan nyata dan justru membahayakan keluarga. (Niken/Pop Sugar/Momjunction)