Cara Alami Ini Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

By Gisela Niken, Selasa, 7 Juni 2016 | 06:30 WIB
Cara Alami Ini Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kolesterol menjadi hal yang penting untuk menentukan kesehatan Mama. Kadar kolesterol yang tinggi akan menyumbat aliran darah sehingga menyebabkan aneka penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Salah satu cara untuk mencegah hal itu terjadi adalah menjaga kadar kolesterol tersebut. Ada beberapa cara untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami lo.Baca juga: 5 mitos tentang kolesterol tinggi

Daun ketumbar menjadi bahan alami yang bisa menurunkan kolesterol. Rebus daun ketumbar dan tambahkan air hangat. Minum air perasan ketumbar tersebut selama 30 hari. Bawang putih juga dapat menjadi bahan alami yang menurunkan kolesterol lo. Selain mencampur makanan dengan banyak bawang putih atau makan bawang putih mentah dapat membantu. Cobalah makan bawang putih setiap pagi.

Untuk camilan, Mama bisa memilih buah-buah kering. Kandungan gula yang rendah membuat kadar kolesterol dalam darah tidak naik. Lemon juga bisa membantu lo. Siapkan perasan air lemon dan campurkan dengan madu dan segelas air hangat. Cara mudah ini bisa Mama lakukan setiap hari. Tidak hanya air lemon dan madu, mengonsumsi air putih secara teratur juga mengusir kadar racun dalam tubuh.Baca juga: Perlukah ibu hamil diet kolesterol?

Kedelai menjadi produk makanan yang perlu Mama konsumsi karena sama-sama memiliki kandungan gizi yang tinggi sama seperti buah dan sayur. Kandungan omega 3 dalam ikan juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Mama juga perlu menghindari konsumsi es krim, cokelat, daging, gorengan hingga makanan siap saji.Baca juga: Mengapa orang kurus bisa kolesterol tinggi?

Tidak hanya soal makanan, menurunkan kadar kolesterol juga memerlukan cara lain seperti berolahraga. Olahraga dengan tingkat ringan hingga sedang menjadi cara menurunkan kadar kolesterol secara alami. Stres juga menjadi faktor meningkatnya kolesterol lo, Mam. Untuk itu, cobalah mengambil waktu sejenak untuk bersantai dan menghilangkan stres dalam diri Mama.(Niken/Boldsky)