Tip Sehat Berpuasa Untuk Penderita Maag

By Gisela Niken, Selasa, 7 Juni 2016 | 03:25 WIB
Tip Sehat Berpuasa Untuk Penderita Maag (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Telat makan menjadi pantangan bagi penderita maag. Namun, bagaimana di saat bulan puasa seperti ini? Apakah aman bagi seorang penderita maag untuk melakukan puasa? Ternyata, ada banyak tip puasa untuk penderita maag yang bisa Mama lakukan. Tidak hanya membuat puasa lebih sehat, tip ini juga akan membuat Mama jadi lebih nyaman.Baca juga:  Sering lemas, bolekah puasa saat hamil?

Sebelumnya, Mama harus mengontrol terlebih dahulu kepada dokter apakah maag yang Mama derita bisa berpuasa atau tidak. Ada beberapa jenis maag akut yang biasanya disebabkan oleh pendarahan lambung atau kondisi parah lainnya. Jika Mama mengalami maag tersebut, ada baiknya tidak berpuasa. Sementara untuk maag fungsional atau yang disebabkan oleh penderitanya yang tidak makan teratur, berpuasa justru baik. Dengan puasa, Mama akan punya jadwal makan yang lebih teratur.

Untuk menjaga kesehatan selama puasa meski maag, Mama harus menghindari makanan yang mengandung gas seperti makanan berlemak dan kol. Mama juga perlu menghindari soda yang juga mengandung gas. Gas akan mengganggu lambung sehingga Mama akan terganggu selama berpuasa.Baca juga: Makanan yang dipantang ibu hamil saat puasa

Selain itu, hindari makanan yang dapat memicu asam lambung seperti kopi. Mama juga harus pintar memilih makanan berbuka dan sahur. Hindari makanan yang membutuhkan waktu lama dalam pencernaan atau membutuhkan kerja lebih banyak bagi lambung seperti keju. Ada pula makanan yang dapat merusak dinding lambung yakni cuka dan sesuatu yang pedas.

Mama tetap harus mengonsumsi obat lambung saat sahur agar aman selama seharian berpuasa. Selain itu, banyak mengonsumsi air putih saat berbuka hingga sahur akan membantu kerja lambung selama seharian. Ada baiknya Mama memilih konsumsi sayur dan buah saat sahur dan berbuka.Baca juga: Tip sukses menyusui selama puasa

Tip puasa untuk penderita maag tadi perlu diseimbangkan dengan obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter. Saat buka puasa, pilih makanan yang dapat meningkatkan gula secara alami seperti kurma. Jumlah tidur yang cukup, artinya tidak kekurangan ataupun berlebihan sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh fit selama berpuasa.(Niken/Live Strong/NHS)