Jangan Minum Teh Setelah Makan Steak

By Dini, Senin, 6 Juni 2016 | 07:48 WIB
Jangan Minum Teh Setelah Makan Steak (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Setelah menikmati sepiring steak, apa minuman pilihan Mama? Teh, kopi, jus, atau air putih? Sebaiknya, jangan minum teh hijau setelah makan steak.

Hal ini disebabkan, makanan yang kaya zat besi seperti steak daging sapi atau bayam, bisa membatalkan manfaat dari teh hijau. Kandungan antioksidan utama dari teh hijau, yaitu senyawa yang disebut EGCG, mengikat dirinya pada zat besi ketika dikonsumsi pada waktu yang sama, demikian menurut para peneliti dari Penn State University.

Ketika kita mengalami gangguan pencernaan yang disebut Inflammatory Bowel Disease (IBD), yang gejalanya antara lain sering kembung, BAB terasa tidak tuntas, sembelit atau malah diare, juga sering buang angin, seringkali kita diberi resep suplemen zat besi oleh dokter.  Suplemen ini untuk membantu melawan gejala-gejala seperti berdarah saat BAB, kelelahan, berat badan turun, atau kekurangan energi. Jika pasien IBD juga minum teh hijau, efek dari suplemen itu akan berkurang."Kalau Anda minum teh hijau setelah makan makanan yang kaya zat besi, senyawa utama dalam teh akan mengikat zat besi," kata Matam Vijay-Kumar, asisten profesor bidang ilmu-ilmu nutrisi yang memimpin studi ini.

Ketika hal itu terjadi, menurut Vijay-Kumar, teh hijau akan kehilangan potensinya sebagai antioksidan. Jadi agar Mama bisa mendapatkan manfaat teh hijau, hindari meminumnya bersamaan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.Yang disebut makanan kaya zat besi antara lain daging merah, daging unggas, makanan laut, bayam, dan beragam pasta atau sereal yang diperkaya dengan zat besi.Vijay-Kumar meyakini bahwa risetnya merupakan contoh lain mengenai pentingnya mengonsumsi nutrisi yang tepat, serta makanan apa yang tidak akan menghilangkan zat gizinya ketika dikonsumsi bersamaan. "Informasi dari studi ini bisa membantu orang yang suka menikmati teh hijau dan meminumnya untuk manfaatnya secara umum, sekaligus untuk orang yang menggunakannya secara khusus untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan," kata Vijay-Kumar.Memang sih, jarang sekali kita menikmati steak dengan teh hijau. Namun ingat, makanan yang mengandung zat besi cukup beragam. Ketahui pula apa jenis teh yang biasa Mama minum. Sudah tahukah Mama bahwa banyak dari teh kemasan botol juga terbuat dari teh hijau? Nah, karena itu, coba lebih cermat saat memadukan makanan dan minuman ya, Mam. Yang pasti, jangan makan steak bersamaan dengan teh hijau.

(Dini/Nine MSN)