Atasi Aneka Masalah Kesehatan Mulut Dengan Bahan Alami

By Gisela Niken, Senin, 6 Juni 2016 | 06:20 WIB
Atasi Aneka Masalah Kesehatan Mulut Dengan Bahan Alami (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ada banyak masalah yang menyangkut kesehatan mulut. Mulai dari gigi kuning, bau mulut hingga sakit gigi. Tak perlu khawatir sebab aneka masalah kesehatan mulut tersebut bisa diatasi dengan bahan-bahan alami. Berikut aneka cara mengatasi masalah kesehatan mulut yang bisa Mama lakukan di rumah. Baca juga: Jangan gosok gigi setelah makan, ini risikonya!

1.Gigi kuning Tahukah Mama bahwa kulit pisang dapat mengatasi gigi kuning. Gosokkan bagian putih dari kulit pisang ke gigi. Tunggu beberapa menit kemudian kumur dengan air bersih. Kulit pisang ternyata mengandung potasium, magnesium, kalsium dan anti-oksidan yang semuanya berfungsi memutihkan gigi. Buah yang kaya vitamin C seperti lemon dan jeruk juga dapat membantu memutihkan gigi. Gosok buah tersebut ke gigi dan lakukan dua kali selama seminggu.

2.Bau mulut Air putih sebenarnya dapat mengatasi masalah bau mulut. Berkumur dengan air putih dapat mengusir bau mulut. Selalu menjaga agar tidak dehidrasi dapat membantu mulut tetap segar. Buah dengan vitamin C seperti apel juga dapat mengusir bau mulut sebab vitamin C dapat mengusir bakteri di dalam mulut yang menyebabkan bakteri.

Baca juga: Bau mulut bisa jadi gejala penyakit ginjal 3.Nyeri gigi Ada banyak penyebab sakit gigi mulai dari gigi berlubang hingga gusi bengkak. Dalam hal ini, dokter gigi harus menyelesaikannya. Namun, Mamabisa meredam nyeri yang ditimbulkan. Mama bisa menggunakan kayu manis. Kunyah sepotong kecil kayu manis untuk meredam sakit pada gigi dan gusi. Menempelkan bawang putih pada bagian yang sakit juga bisa membantu meredakan nyeri gigi.

4.Sariawan Madu bisa membantu mengatasi sariawan sebab memiliki fungsi menjaga kelembaban area mulut. Anti-mikroba dalam madu juga dapat membantu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan sariawan. Oleskan madu di bagian sariawan untuk mengurangi sariawan. Minyak kelapa juga bisa membantu meredakan radang yang disebabkan oleh sariawan lo. Baca juga: Gangguan kesehatan gigi dan mulut selama hamil

5.Gusi bengkak Gusi bengkak dapat diatasi dengan makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Teh hijau dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi masalah kesehatan mulut yang satu ini. Tidak hanya teh hijau, banyak mengonsumsi sayuran hijau juga membantu lo. Gandum juga bisa meredakan pembengkakan gusi. (Niken/The Health Site)