Trik Menyimpan Makanan Di Kulkas Agar Tetap Segar

By Gisela Niken, Senin, 30 Mei 2016 | 04:00 WIB
Trik Menyimpan Makanan Di Kulkas Agar Tetap Segar (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kulkas atau lemari pendingin menjadi solusi untuk menyimpan aneka makanan. Namun, ada beberapa cara penyimpananan yang kurang tepat sehingga membuat makanan yang masuk ke dalam kulkas menjadi busuk dan tidak bisa digunakan lagi. Untuk itu, Mama perlu mengetahui cara menyimpan makanan di kulkas yang benar sehingga tetap segar saat akan dikonsumsi.Baca juga: Jangan masukkan kentang ke dalam kulkas, ini bahayanya!

1.Strawberry dan buah beri yang lainnyaPertama-tama, cuci buah secara menyeluruh dan keringkan. Letakkan di dalam wadah seperti loyang roti dan masukkan ke dalam kulkas sampai beku. Setelah itu, masukkan buah ke dalam wadah kedap udara. Dengan proses pembekuan, strawberry bisa lebih awet dan Mama bisa mengambil jumlah yang dibutuhkan.

2.Kue keringUntuk menyimpan kue ke dalam kulkas, pastikan kue sudah dalam suhu ruangan. Bungkus kue dengan plastik dan aluminium foil. Tuliskan tanggal kapan Mama memasaknya dan masukkan ke dalam kulkas. Jika masih terlalu lengket atau ada cairan di atas kue, bekukan kue terlebih dahulu baru dibungkus.Baca juga: Makanan lebih segar dan tertata rapi dengan kulkas mini  

3.SayuranBeberapa sayuran yang biasa disimpan agak lama seperti daun bawang, seledri dan kemangi. Untuk menyimpannya, cuci sayur dan keringkan sebelum dimasukkan ke dalam wadah tertutup. Sementara beberapa bahan seperti jahe dan kunyit, masukkan ke dalam plastik dan diletakkan di dalam freezer.

4. Es krimEs krim harus diletakkan di dalam freezer. Sebelum dimasukkan, bungkus es krim dengan plastik. Bungkus dengan kencang untuk mencegah terbentuknya kristal es di wadah es krim yang dapat menyebabkan es krim mencair. Selain itu, jangan biarkan wadah es krim terbuka terlalu lama saat berada di luar freezer.Baca juga: Makanan ini harus ada di kulkas Mama

5.DagingCara menyimpan makanan di kulkas yang merupakan olahan daging seperti bakso atau daging burger harus dengan plastik baru. Mama harus segera mengganti plastik ketika segel kemasan sudah dibuka. Khusus untuk daging burger, pisahkan daging dengan plastik lebih kecil dan masukkan ke dalam plastik besar kemudian ditutup. Masukkan daging tersebut ke dalam freezer dan ambil daging sesuai dengan kebutuhan masak. (Niken/Best Health)