Cegah Penularan Virus, Tokopedia Inisiasi Gerakan Masker Kain

By Fathia Yasmine, Jumat, 17 April 2020 | 11:37 WIB
Ilustrasi Masker Kain ()

Bagi Moms yang sering bepergian maupun bekerja menggunakan transportasi umum, mungkin sudah tidak asing dengan penggunaan masker.

Masker digunakan untuk mencegah paparan polusi udara maupun virus. Umumnya, masyarakat sering menggunakan masker sekali pakai dengan alasan praktis dan lebih higienis.

Masker sekali pakai tersebut dalam istilah medis disebut masker bedah.

Semenjak pandemic penyebaran virus di Indonesia, masker sekali pakai cukup sulit didapatkan. Masker bedah makin sulit dicari ketika pemerintah mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Baca Juga: Kabar Baik Disampaikan Langsung oleh Tim Pakar Penanganan Covid-19, Terungkap Masker Kain Ampuh Tangkal Virus Corona Sampai 70 Persen!

Kalaupun ada, harga masker bedah lumayan mahal. Tak heran jika akhirnya banyak orang beralih menggunakan masker kain sebagai alternatif pelindung diri. Oleh sebab itu Tokopedia menginisiasikan #GerakanMaskerKain untuk membantu mencegah penularan virus.

Masker kain juga efektif mencegah paparan partikel jahat, seperti virus dan polusi udara. Masker ini mampu menyaring partikel 1-mikron yang dapat menularkan penyakit, seperti flu.

Menurut Cambridge.org, masker kain berbahan katun memiliki efektivitas penyaringan udara sebesar 69 persen. Sementara, masker kain berbahan sarung bantal punya tingkat efektivitas sebesar 62 persen.

Selain efektif menangkal penularan penyakit, masker kain juga punya keunggulan dibandingkan masker bedah maupun masker N95.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Kain 3 Lapis yang Disebut-sebut Ampuh Cegah Virus Masuk ke Hidung dan Mulut

Berikut ini tiga keunggulan masker kain yang dirangkum Nakita dan tersedia di Tokopedia tentu nya. Apa saja, yuk simak.

  1. Harga terjangkau serta punya banyak variasi bentuk dan warna

Harga masker kain lebih terjangkau daripada harga masker bedah maupun masker N95. Moms bisa cek sendiri harga masker kain di Tokopedia dan bandingkan dengan jenis masker lainnya.