Moms, Begini Cara Mudah Kenali Jenis Kulit agar Tak Salah Perawatan

By Fita Nofiana, Kamis, 21 Desember 2017 | 21:43 WIB
kulit keriput akibat mengonsumsi kopi ()

Nakita.id - Langkah terpenting dalam merawat kulit yakni dengan tahu jenis kulit terlebih dahulu. Hal ini perlu karena setiap jenis kulit memiliki sensitivitas berbeda pada berbagai produk kecantikkan.

Kulit setiap orang memang unik, namun ada beberapa jenis kulit yang paling umum dimiliki oleh seseorang, yaitu kulit berminyak, kering, dan normal/kombinasi.

Berikut adalah dua cara mudah untuk menentukan jenis kulit Moms di rumah:

Metode Bare-Faced

Bersihkan wajah secara menyeluruh dengan pembersih ringan dan tepuk lembut. Biarkan kulit tetap terbuka (dan jangan gunakan pelembab, serum atau perawatan tambahan).

Setelah 30 menit, periksa pipi, dagu, hidung dan dahi apakah terlihat berkulau atau tidak.

Setelah 30 menit lagi, lihat apakah kulit terasa kering, terutama jika Moms tersenyum atau membuat ekspresi wajah lainnya.

Jika kulit Anda terasa kencang, kulit Anda cenderung kering. Jika terlihat mencolok di hidung dan dahi, kulit Anda kemungkinan besar normal / kombinasi. Jika ada terasa kinclong di pipi, dahi, dan hidung, kemungkinan besar Anda memiliki kulit berminyak.

BACA JUGA: Mudah Dibuat! Atasi Berbagai Masalah Kulit Wajah dengan Masker Oatmeal

Metode Sheet Blotting

Cara ini jauh lebih cepat dan seringkali merupakan pembeda yang sangat baik antara jenis kulit berminyak dan kering. Dengan lembut tepuk kertas blotting atau kertas minyak wajah pada area wajah Anda yang berbeda.

Pegang lembaran di bawah lampu untuk menentukan berapa banyak minyak yang terlihat.