Ingin Merencanakan Kehamilan? Pertimbangkan 5 Hal Berikut Ini.

By Gisela Niken, Rabu, 25 Mei 2016 | 04:20 WIB
Ingin Merencanakan Kehamilan? Pertimbangkan 5 Hal Berikut Ini. (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Setiap pasangan pasti menginginkan anak di tengah-tengah keluarga. Tidak hanya soal kesiapan tubuh, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat merencanakan kehamilan. Jika Mama tidak bisa menyelesaikan aneka masalah atau pertimbangan tersebut, ada baiknya menyiapkan diri. Berikut tip merencanakan kehamilan yang perlu Mama dan Papa ketahui agar semakin siap memiliki anggota keluarga baru.Baca juga: Kapan boleh hamil lagi setelah keguguran?

1.Cara yang ditempuh agar cepat hamilHal ini menjadi terpenting ketika mencoba merencanakan kehamilan. Cara paling mudah yang bisa membuat cepat hamil adalah melakukan seks saat masa subur. Namun, Mama dan Papa perlu komunikasi lebih lanjut seperti apakah ada masalah kesehatan yang dapat menghambat proses memiliki anak. Atau mungkin Mama dan Papa lebih memilih berhubungan seks kapan saja. Hal ini perlu menjadi pertimbangan juga agar tidak merasa usaha yang Mama dan Papa lakukan sia-sia.

2. Melihat keuanganSemua orang sudah mengetahui bahwa kebutuhan bayi sangat mahal. Mama dan Papa harus mempertimbangkan hal ini. Apakah siap untuk merawat bayi dengan keuangan yang kurang atau memilih menabung terlebih dahulu sampai siap untuk mengurus bayi. Mama juga harus menyiapkan diri bahwa kehadiran bayi mungkin akan mengambil uang yang bisa digunakan untuk berlibur misalnya.Baca juga: Ini faktor penentu Mama bisa hamil lagi

3.PekerjaanHal ini adalah yang tidak kalah penting. Mama yang punya pekerjaan yang menuntut fisik sebaiknya memikirkan ulang. Aktivitas fisik berlebihan dapat mengancam kesehatan saat hamil. Selain itu, Papa yang kelelahan akan memiliki kualitas sperma yang buruk. Mama dan Papa perlu menjaga kesehatan jika ingin memiliki anak. Aneka kebijakan untuk wanita juga perlu Mama perhatikan sebab jangan sampai Mama sulit mengasuh anak karena alasan pekerjaan.

4.Hubungan Mama dan PapaKehadiran anak juga bisa menjadi sebuah hal baru yang sering menjadi perdebatan. Sebaiknya, Mama dan Papa harus semakin menjalin hubungan yang baik agar saling mendukung pada waktu sulit di masa kehamilan hingga mengurus anak. Mama dan Papa juga perlu menyiapkan diri bahwa akan ada tugas tambahan yang cukup besar dan diperlukan kerja sama.Baca juga: Makanan pantangan saat program kehamilan

5.Mengorbankan waktuSetiap orang pasti memiliki hobi atau hal-hal yang disenangi. Tip merencanakan kehamilan berikut ini juga harus Mama perhatikan karena dengan kehamilan dan kehadiran bayi Mama dan Papa harus mengorbankan waktu yang mungkin sering digunakan untuk mengerjakan hobi. Hal ini untuk menghindari perdebatan mengenai siapa yang harus mengurus anak. (Niken/Fit Pregnancy)