Perut Sering Begah Saat Hamil? Atasi dengan Cara Ini

By Gisela Niken, Kamis, 28 Juli 2016 | 00:00 WIB
Perut Sering Begah Saat Hamil? Atasi dengan Cara Ini (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Perubahan hormon kala hamil kerap menimbulkan berbagai masalah kesehatan salah satunya perut kembung atau begah. Tentu kondisi ini sangat menganggu aktivitas Mama dan membuat hari-hari tidak nyaman. Mama bisa mengatasi perut begah saat hamil dengan cara mudah berikut ini.

Baca juga: 5 makanan pemicu perut kembung saat hamil

Minum cukup air jadi hal utama dalam mengatasi perut begah. Asupan cairan saat hamil memang lebih tinggi dibanding sebelumnya. Mama perlu menghindari minuman yang mengandung kafein, gula dan soda. Selain itu, minuman yang tinggi gula dan bahan kimia juga perlu dihindari. Cairan yang banyak akan membantu melancarkan kerja saluran pencernaan.

Tak hanya minuman, Mama juga harus memerhatikan makanan. Saat hamil, sayuran memang sangat penting untuk tubuh. Namun, Mama perlu menghindari sayuran yang mengandung gas seperti brokoli dan kol. Makanan yang digoreng juga sangat berpengaruh sebab makanan tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses oleh usus. Biasakan pula makan dengan tenang dan tidak terburu-buru. Makan terlalu cepat cenderung membuat Mama menelan udara lebih banyak.Baca juga: Perut kembung saat hamil, apa yang perlu dilakukan?

Perbanyak makan serat yang akan memperlancar proses pencernaan. Gandum serta sayuran hijau jadi makanan yang cocok untuk Mama konsumsi karena dapat membantu menyerap cairan pada saluran pencernaan. Saat Mama mulai merasa begah, ada baiknya mengganti porsi makan. Makan dengan porsi yang sedikit namun sering. Hal ini memberikan ruang untuk tubuh dalam memproses makanan.

Siapa sangka ternyata stres juga berpengaruh pada kondisi perut begah. Ketegangan menyebabkan orang cenderung makan lebih banyak dan cepat. Kondisi ini meningkatkan peluang masuknya udara lebih banyak. Stres juga membuat hormon semakin berubah dan semakin memperburuk kondisi kesehatan Mama.Baca juga: Lakukan ini untuk mencegah perut kembung saat hamil

Kondisi perut kembung ternyata juga bisa diatasi dengan mengambil waktu sejenak untuk menenangkan diri. Yoga atau meditasi sejenak bisa membantu menenangkan pikiran yang dapat membantu mengatasi perut begah. Jika perut begah saat hamil sudah tidak bisa teratasi, ada baiknya Mama menghubungi dokter. Jangan asal mengonsumsi obat ya, Mam. Saat hamil tak seluruh obat aman untuk dikonsumsi. (Niken/New Kids Center)