Kiat Mencegah Autisme Sejak Dalam Kandungan

By Gisela Niken, Selasa, 26 Juli 2016 | 04:35 WIB
Kiat Mencegah Autisme Sejak Dalam Kandungan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com -  Setiap ibu hamil pasti ingin melindungi janin dari berbagai ancaman seperti ancaman autisme. Beberapa faktor seperti genetika memang tidak bisa terhindari, namun ada beberapa penyebab autisme yang disebabkan oleh lingkungan dan gaya hidup Mama. Berikut cara mencegah autisme sejak dalam kandungan yang perlu Mama ketahui dan lakukan.Baca juga: 5 fakta yang perlu Mama ketahui untuk mencegah autisme

1.Mengurangi paparan polusi udaraFaktor lingkungan memang menjadi faktor penyebab risiko autisme. Peneliti di Harvard School of Public Health mengungkapkan bahwa ibu hamil yang terpapar polusi udara termasuk pada trimester ketiga memiliki risiko dua kali lipat lahir prematur. Komponen polusi udara yang berasal dari ratusan bahan kimia jadi penyebab utamanya.

2.Menghindari paparan bahan kimiaSelain polusi udara, Mama perlu menjauhi hal-hal yang berbau bahan kimia seperti logam dan pestisida. Mama perlu memilah tempat makan hingga kosmetik yang mudah membuat Mama terpapar oleh bahan kimia. Batasi mengonsumsi makanan dan minuman kaleng hingga makanan yang terbungkus plastik. Selain itu, Mama juga harus menjauhi produk perawatan diri yang memiliki aroma.Baca juga: Vaksin penyebab anak autis, benarkah?

3.Berhati-hati dalam mengonsumsi obatBeberapa studi seperti yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association mengungkapkan adanya hubungan antara obat yang ibu hamil konsumsi dengan risiko autisme. Misalnya penggunaan anti-depresan dan valproate akan menyebabkan gangguan neurologis yang berujung pada autisme. Sangat penting bagi Mama hamil untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum Mama mengonsumsi obat-obatan.

4. Perbanyak asam folatJangan lewatkan mendapatkan suplemen yang berisi dengan asam folat. Beberapa studi mengungkapkan asam folat yang kurang dapat meningkatkan risiko autisme. Berbagai ahli merekomendasikan wanita hamil untuk mengonsumsi 400-800 mcg asam folat setiap harinya. Sayuran hijau dan susu dapat memenuhi asam folat selama kehamilan.Baca juga: 5 makanan tinggi asam folat untuk mencegah cacat janin

5.Menjaga agar tidak sakit selama hamilTahukah Mama bahwa Mama yang sering sakit saat hamil juga berisiko memiliki anak autisme? Beberapa penelitian telah mengungkapkan adanya hubungan infeksi ibu hamil dengan risiko terjadinya autisme. Untuk mencegah autisme sejak dalam kandungan, ada baiknya Mama menjaga kesehatan dengan pola makan yang sehat dan istirahat cukup.(Niken/Fit Pregnancy)