Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil

By Gisela Niken, Kamis, 21 Juli 2016 | 05:15 WIB
Ini Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Hamil (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Makanan dan minuman yang masuk ke dalam ibu hamil perlu diperhatikan sebab apa yang Mama konsumsi juga berpengaruh pada janin. Tak hanya itu, kesehatan Mama juga dapat terganggu jika mengonsumsi makanan yang tidak pas. Untuk itu, Mama perlu melihat makanan yang harus dihindari saat hamil berikut ini. Tidak hanya jenis makanannya saja, cara memasaknya juga perlu diperhatikan.Baca juga: Ini akibat sering minum soft drink saat hamil

Ikan lautTak seluruh jenis ikan tidak boleh Mama makan. Mama tak boleh mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang. Hindari jenis makanan laut yang mengandung merkuri seperti kerang, hiu, marekel, kakap putih dan ikan dari laut yang tercemar. Selain itu, Mama juga tidak bisa mengonsumi ikan dari kaleng seperti sarden dua kali dalam seminggu. Mama cukup mengonsumsi dua porsi ikan rendah merkuri seperti salmon, udang dan ikan nila.

Daging sapi dan unggasSama seperti ikan, Mama perlu menghindari daging mentah atau unggas. Daging yang Mama konsumsi harus sudah dipanaskan hingga sungguh mentah. Begitu pula dengan daging olahan seperti sosis. Untuk daging sapi atau daging merah lainnya, pastikan Mama memasaknya hingga suhu 60 derajat celcius. Sementara untuk unggas pastikan memasak hingga mencapai suhu 75 derajat celcius.Baca juga: Kapan makanan pedas harus dihindari ibu hamil? 

TelurJangan sekali-kali Mama mengonsumsi makanan yang mengandung telur mentah. Biasanya adonan atau saus sering mengandung telur mentah seperti mayonaise atau saus pelengkap salad. Telur setengah matang juga tidak direkomendasikan dikonsumsi ibu hamil. Pastikan Mama memasak telur hingga kuningnya matang. Pilih produk yang telurnya udah dipasteuriasi demi keamanan.

MinumanSelain makanan, jenis minuman juga perlu Mama perhatikan.  Minuman beralkohol jadi jenis minuman yang sangat dihindari. Mama juga harus memilih susu yang sudah dipasteurisasi. Sementara untuk kopi, usahakan Mama tidak lebih dari 2 cangkir kopi atau setara dengan 12 ons kopi. Mama juga perlu mengetahui apakah minuman yang Mama konsumsi seperti teh, minuman ringan, bahkan es krim tidak mengandung kafein.Baca juga: Konsumsi fruktosa saat hamil berlebihan berisiko penyakit jantung bagi anak

Selain makanan yang perlu dihindari saat hamil, Mama juga harus menjaga kebersihan saat mengolah makanan. Buah misalnya usahakan untuk selalu mencuci buah dan mengupas kulitnya dengan sempurna. Mama yang sedang hamil akan lebih mudah terpapar bakteri yang masuk ke dalam tubuh.(Niken/Baby Center)