Tak Hanya Mengajarkan Kesabaran, 4 Momen #FamilyQuality Saat Puasa Ini juga Tanamkan Karakter Positif pada Anak Lo, Moms!

By Ratnaningtyas Winahyu, Minggu, 10 Mei 2020 | 16:15 WIB
#FamilyQuality: Berpuasa menanamkan karakter positif pada anak (Freepik.com)

Nakita.id – Meski merenggut nyawa banyak orang, pandemi corona sebenarnya membawa dampak yang positif juga.

Salah satunya adalah lebih banyaknya waktu berkumpul bersama keluarga.  

Nah, mumpung sedang bulan Ramadan, tak ada salahnya Moms mencoba untuk #FamilyQuality dengan mengajarkan Si Kecil berpuasa.

Berbicara soal puasa, sejumlah ahli berpendapat, melatih anak untuk berpuasa dapat dimulai saat Si Kecil berusia 5-8 tahun, serta disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak.

Baca Juga: Tiru #FamilyQuality Ala Jessica Iskandar Lakukan Yoga Bareng Anak, Agar Sehat dan Selamat Simak Rambu-rambu Berikut Ini

Sebab, di rentang usia tersebut, anak dinilai sudah mampu secara fisik untuk menahan lapar dan haus, termasuk sudah mulai mengerti saat diajarkan beragam nilai-nilai positif berpuasa.

Selain mengajarkan Si Kecil tentang kesabaran, momen saat berpuasa ternyata juga memiliki nilai-nilai baik lain untuk anak lo, Moms.

Mengutip dari laman Sahabat Keluarga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berikut 4 momen berpuasa yang perlu diajarkan kepada anak untuk menanamkan karakter positif:

Baca Juga: Kehabisan Ide Untuk #FamilyQuality, Yuk Contoh yang Dilakukan Kenang Mirdad Bersama Aluna, Simpel Tapi Buat Si Kecil Percaya Diri!