5 Fakta Morning Sickness yang Bikin Mama Bersyukur

By Dini, Kamis, 14 Juli 2016 | 05:00 WIB
5 Fakta Morning Sickness yang Bikin Mama Bersyukur (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Morning sickness atau mual muntah pada awal kehamilan memang menjadi fase yang berat bagi sebagian perempuan. Mual muntah ini ada yang kadarnya ringan hingga berat. Bahkan, ada ibu hamil yang mual muntah sepanjang kehamilannya sehingga hanya mampu makan sangat sedikit.

Namun di balik ketidaknyamanan yang dihasilkan oleh mual muntah saat hamil, ada beberapa fakta tentang morning sickness yang pasti akan membuat Mama mensyukuri kondisi ini:

1. Sebuah studi mengungkapkan bahwa gejala mual muntah selama kehamilan akan membuat kemungkinan terjadinya keguguran lebih rendah. Mama pun cenderung akan melahirkan bayi yang lebih besar dan lebih sehat. Risiko keguguran lebih dari tiga kali lipat pada ibu hamil yang tidak mengalami gejala tersebut. Perempuan berusia 35 tahun ke atas yang umumnya memiliki risiko keguguran yang tinggi jelas mendapat keuntungan dari efek protektif yang terjadi saat muncul gejala mual muntah.

2. Mual muntah selama kehamilan kerap dikaitkan dengan menurunnya risiko berat badan lahir rendah dan panjang badan yang pendek.3. Ibu hamil yang menampakkan gejala-gejala morning sickness juga memiliki kemungkinan lebih kecil melahirkan bayi prematur. Perbandingannya 6,4% dan 9,5% pada mereka yang tidak mengalami gejala mual muntah pagi hari.

4. Morning sickness juga diyakini ada kaitannya dengan rendahnya kasus cacat lahir dan perkembangan jangka panjang untuk bayi yang lebih baik, demikian menurut meta-analisis yang diterbitkan di Reproductive Toxicology. Risiko cacat lahir ini berkurang antara 30% dan 80% pada bayi yang ibunya mengalami gejala mual muntah.

5. Dari penelitian yang sama ditunjukkan juga bahwa anak-anak yang ibunya mengalami mual muntah saat hamil, memiliki IQ yang lebih tinggi, serta kemampuan berbahasa, dan perilaku yang lebih baik. Kemudian, studi yang sama dilakukan selama kurun waktu 20 tahun oleh Hospital for Sick Children di Toronto untuk mengobservasi 850.000 perempuan di lima negara. Ternyata, anak-anak mereka memiliki IQ yang lebih baik, sehingga membuktikan bahwa morning sickness sebenarnya menguntungkan.

Kalau sudah membaca fakta-fakta tentang morning sickness ini, dijamin Mama malah akan menginginkan kehamilan yang diwarnai dengan mual muntah di pagi hari.(Dini/WSJ/FitPregnancy)