5 Penyebab Ibu Hamil Sulit Tidur

By Gisela Niken, Jumat, 8 Juli 2016 | 08:30 WIB
5 Penyebab Ibu Hamil Sulit Tidur (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com –Salah satu gangguan yang dirasakan oleh hampir ibu hamil adalah mengalami gangguan saat tidur. Hal ini berakibat pada kurangnya kualitas tidur. Padahal, tidur yang cukup sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin. Berikut beberapa penyebab ibu hamil sulit tidur yang biasa terjadi serta cara untuk mengatasinya.Baca juga: Tip ibu hamil tidur nyenyak

1.Sering pipisMengapa ibu hamil jadi sering pipis? Perkembangan janin menekan saluran kantung kemih dan mengakibatkan rasa ingin pipis terus menerus. Untuk mengatasinya cukup mudah lo, Mam. Mama hanya perlu mengurangi intensitas minum menjelang tidur dan perbanyak minum di siang hari. Mama juga perlu membuat lampu kamar menjadi lebih redup termasuk di kamar mandi. Hal ini akan memberikan stimulus untuk Mama cepat kembali tidur setelah pipis.

2. Tidur terlalu soreSaat hamil, Mama menjadi lebih lelah. Hal ini akan membuat Mama bisa tertidur di mana dan kapan saja. Namun, jangan sampai Mama jadi tidur setelah jam 3 sore. Hal ini akan membuat Mama sulit tidur pada malam hari. Ada baiknya pula Mama membiasakan diri tidur sekitar 20 menit saja. Tidur terlalu lama akan membuat Mama pusing dan mengalami perubahan mood.

Baca juga: Risiko jika ibu hamil tidur menghadap ke kanan 3. Perut mulasGangguan pencernaan menjadi gangguan yang sering terjadi akibat hormon kehamilan. Maka sangat mungkin Mama terbangun karena merasa tidak nyaman dengan perut. Maka dari itu, penting bagi Mama untuk menghindari makanan pedas dua jam sebelum tidur. Hindari pula makanan asin, gorengan dan berlemak. Saat merasa mulas, angkat kepala sedikit atau ganjal bagian perut dengan bantal.

4.Posisi tidur yang sulitSalah satu kondisi yang menyulitkan Mama adalah perut yang besar sehingga sulit bagi Mama menemukan posisi tidur yang tepat. Selain itu, menurut National Sleep Foundation, sekitar 1 dari 4 wanita hamil mengalami masalah pada kaki. Jika Mama mengalami hal ini artinya Mama mengalami kekurangan zat besi dan folat.Baca juga: Ibu hamil jangan kurang tidur, ini alasannya!

5. Janin bergerak di malam hariPergerakan janin memang tidak bisa diprediksi. Si kecil bisa saja bergerak dan menusuk tulang rusuk di malam hari sehingga menjadi penyebab ibu hamil sulit tidur. Tidak ada yang dapat menghentikan kondisi ini. Untuk mengatasinya, Mama hanya perlu rileks menghadapi gerakan tubuh janin. Mama juga perlu menghindari makan menjelang tidur. Janin biasa bergerak karena merespon cairan yang masuk ke tubuh Mama.

(Niken/The Bump)