Tahu, Sumber Protein Nabati yang Baik untuk Penuhi Gizi Si Kecil

By Nana Triana, Jumat, 29 Mei 2020 | 10:05 WIB
Martabak Mini Tahu (DOK. Bebelac)

Nakita.id – Memperkenalkan Si Kecil pada beragam variasi makanan sangat berguna untuk membuat mereka tidak pilih-pilih makanan. Saat memperkenalkan beragam jenis bahan makanan, pastikan Moms juga mengolahnya dengan kreatif agar Si Kecil tertarik mencoba.

Nah, salah satu bahan makanan yang sederhana, mudah untuk Moms olah, dan baik untuk Si Kecil adalah tahu. Tahu adalah produk olahan biji kedelai non fermentasi yang mengandung protein nabati yang baik untuk Si Kecil.

Modul BPPSDMK Kementerian Kesehatan yang berjudul Gizi dalam Daur Kehidupan menuliskan bahwa kebutuhan protein anak pada usia 0-6 tahun berkisar antara 12 – 35 gram.

Untuk si Kecil yang berusia diatas 1 tahun, selain memenuhi kebutuhan ini dengan konsumsi produk hewani seperti daging dan susu, tahu bisa menjadi pelengkap. Kandungan protein dalam sepotong tahu bisa mencapai 7 gram.

Mengutip dari BBC Good Food, selain tinggi akan protein tahu memiliki kandungan sembilan asam amino yang penting untuk kesehatan. Selain itu juga menjadi sumber nabati dari zat besi, kalsium, mineral, dan fosfor. Tahu juga mengandung magnesium, zinc, dan vitamin B1. 

Baca Juga: Selama Hamil Moms Wajib Mengonsumsi Protein dan Yodium, Ini Alasannya

Para ahli juga menyarankan mengonsumsi tahu untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium. Kalsium pada tahu dapat memenuhi 10 persen kebutuhan tubuh akan kalsium, yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang serta gigi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat tahu, yang wajib Moms ketahui untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Membantu pertumbuhan

Protein nabati yang terdapat pada tahu memiliki peran penting dalam membantu proses pertumbuhan, mulai dari pembentukan kulit, rambut, dan kuku.

Selain itu untuk memastikan setiap sel dalam tubuh Si Kecil menerima pasokan oksigen sebagai salah satu syarat tumbuh.

Baca Juga: Gejala yang Timbul Jika Si Kecil Memiliki Alergi Terhadap Telur, Moms Wajib Tahu!