Tidak Mual dan Ngidam Saat Hamil, Normalkah?

By Gisela Niken, Jumat, 1 Juli 2016 | 02:40 WIB
Tidak Mual dan Ngidam Saat Hamil, Normalkah? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Apa yang terbesit di pikiran Mama ketika memikirkan kehamilan? Tentu bayang-bayang mual dan muntah setiap hari serta mengalami ngidam. Namun, apa yang terjadi jika Mama tidak mual dan ngidam saat hamil. Apakah kondisi ini normal? Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan mual dan ngidam saat hamil yang perlu Mama ketahui.Baca juga: Mual muntah saat hamil, konsumsi makanan ini!

Tahukah Mama bahwa sekitar 30% ibu hamil tidak mual dan muntah sepanjang kehamilan. Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang kebal terhadap perubahan hormon. Meskipun hal tersebut merupakan kejadian yang jarang terjadi, hal ini bukan menjadi masalah yang pelru dikhawatirkan. Tidak mual dan muntah juga bukan gejala keguguran. Ada banyak gejala keguguran lainnya yang lebih menunjukkan adanya keguguran.

Bagaimana dengan ngidam? Ngidam biasanya diikuti dengan mual dan muntah serta rasa ingin mengonsumsi sesuatu. Ngidam ternyata disebabkan oleh banyak hal seperti faktor psikologis, makanan, aktivitas fisik serta lingkungan sekitar. Pola makan yang tidak sehat ternyata dapat menyebabkan ngidam. Untuk itu, Mama bisa menghindari ngidam dengan cara mengonsumsi makanan sehat saat hamil.Baca juga: Ibu hamil suka ngemil beras

Ngidam saat hamil pun tidak perlu semuanya dituruti lo, Mam. Justru ngidam makanan yang tidak sehat harus dihindari. Mitos bahwa ngidam yang tidak dipenuhi akan membuat anak mengeluarkan air liur tidak benar. Justru, Mama harus memilih-milih makanan yang masuk ke dalam tubuh. Apalagi saat hamil kondisi kesehatan Mama mudah terpengaruh seperti mudah mengalami kenaikan tekanan gula dalam tubuh.Baca juga: 5 penyebab ngidam saat hamil

Tidak mual dan ngidam saat hamil bukanlah pertanda Mama sehat atau tidak. Pertanda kesehatan janin adalah saat janin bisa bertumbuh dengan baik. Pertumbuhan janin perlu didukung dengan pola hidup sehat seperti asupan gizi dan aktivitas fisik. Menjaga kesehatan saat hamil jauh lebih bermanfaat dibandingkan memikirkan ngidam saat hamil.(Niken/Berbagai sumber)