Pijat Jari untuk Mengurangi Mual-Muntah

By Dini, Rabu, 29 Juni 2016 | 00:30 WIB
Pijat Jari untuk Mengurangi Mual-Muntah (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mual muntah di awal kehamilan? Wajar kok, Mam. Sebagian besar ibu hamil mengalaminya. Memang tak nyaman, namun percayalah, Mama dapat melaluinya dengan baik. Salah satunya dengan melakukan pijat jari.

Pijat jari untuk mengurangi mual-muntah juga bisa dilakukan rasa mual pada umumnya. Pasti ada masanya Mama mual karena masuk angin, atau mabuk kendaraan. Rasa mual biasanya diikuti rasa ingin muntah, dan rasa tak nyaman di bagian perut. Rasa tak nyaman yang dipicu oleh mual mirip dengan yang kita alami saat mabuk laut.

Mual dan muntah yang tidak berlangsung lama tidak membahayakan, namun dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Sedangkan muntah berlebihan bisa menimbulkan dampak yang serius. Dan, seperti banyak penyakit lain, ada banyak cara untuk mengatasi mual. Salah satunya, dengan pijat jari tersebut. Pijat jari untuk mengatasi mual sudah dipraktikkan di berbagai belahan negara lain. Ada banyak titik pijatan antimual pada tubuh manusia yang dapat meredakan mual hanya dalam beberapa menit. Keuntungan terbesar dari teknik akupresur adalah bahwa teknik ini merupakan perawatan rumahan yang tidak membutuhkan supervisi medis.
Pijat jari untuk mengatasi mual ini mudah dan praktis, cukup dengan menekan ibu jari di telapak tangan, tepatnya tiga jari di bawah pergelangan (atau kurang lebih antara ibu jari dan telunjuk). Tekan dengan lembut dan dalam selama kurang lebih 2—5 menit. Lakukan secara bergantian antara telapak tangan kanan dan kiri. Sambil melakukan tekanan, cobalah menyugesti diri dengan kalimat-kalimat positif bahwa lambung Mama semakin kuat dan sehat. Harapannya, hormon-hormon di tubuh pun akan bekerja dengan selaras sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

(Utami Sri Rahayu/Dini/Buzzle)