Bukan Sulap Bukan Sihir, Minum Rendaman Air dan Biji Ketumbar Disebut Bisa Tangkal Diabetes hingga Kanker Mematikan

By Riska Yulyana Damayanti, Kamis, 11 Juni 2020 | 11:00 WIB
Manfaat rendaman biji ketumbar untuk tangkal diabetes hingga kanker (freepik)

Nakita.id - Ternyata minum rendaman air dan biji ketumbar bisa memberikan dampak yang baik bagi tubuh, Moms

Minum rendaman air dan biji ketumbar ternyata baik untuk kesehatan, mulai dari tangkal diabetes hingga menurunkan risiko kanker.

Melansir dari Healthline.com, berikut beberapa manfaat yang Moms dapat usai minum rendaman air dan biji ketumbar.

Baca Juga: Niat Icipi Teh Ketumbar Cuma Ingin Hilangkan Anyang-anyangan, Ibu-ibu Ini Kaget Pamerkan Perubahan Menakjubkan pada Tubuhnya Padahal Hanya 3 Hari Minum

1. Menurunkan gula darah

Gula darah tinggi adalah faktor risiko untuk diabetes tipe 2 ya, Moms.

Biji ketumbar, ekstrak, dan minyak, semuanya dapat membantu menurunkan gula darah.

Sebuah penelitian dengan judul Coriandrum sativum — mechanism of hypoglycemic action menunjukkan bahwa biji ketumbar mengurangi gula darah dengan mempromosikan aktivitas enzim yang membantu menghilangkan gula dari darah.

Penelitian serupa, Effect of Coriander Seed (Coriandrum Sativum L.) Ethanol Extract on Insulin Release From Pancreatic Beta Cells in Streptozotocin-Induced Diabetic Rats (2009) menemukan bahwa dosis yang sama dari ekstrak biji ketumbar menurunkan gula darah dan meningkatkan pelepasan insulin pada tikus dengan diabetes, dibandingkan dengan hewan kontrol.

Baca Juga: Tak Hanya Bisa Menyedapkan Masakan, Minum Ramuan Bubuk Ketumbar Dicampur dengan Air Hangat Ternyata dapat Mencegah Risiko Penyakit Mematikan Ini