Ibu Hamil Susah Tidur Siang? Ini Cara Mengatasinya!

By Gisela Niken, Minggu, 26 Juni 2016 | 22:45 WIB
Ibu Hamil Susah Tidur Siang? Ini Cara Mengatasinya! (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat hamil, Mama akan jadi mudah lelah. Kondisi ini sangat masuk akal mengingat ada sesuatu yang baru yakni janin ada di dalam tubuh Mama. Salah satu cara untuk mengatasi rasa lelah adalah tidur yang cukup. Menurut riset dari National Sleep Foundation di Amerika, sebanyak 78% wanita hamil memiliki gangguan tidur. Tak hanya pada malam hari, banyak ibu hamil susah tidur siang. Padahal, waktu tidur siang hari sangat penting untuk mengganti waktu tidur malam yang biasanya terganggu.Baca juga: Bolehkah ibu hamil tidur siang?

Para ahli memang merekomendasikan agar Mama yang sedang hamil mengambil waktu tidur siang. Di malam hari ibu hamil cenderung mengalami kesulitan waktu tidur karena aneka gangguan seperti sering bolak balik ke toilet hingga mencari posisi tidur yang pas mengingat kondisi perut yang membesar. Untuk itu, Mama perlu memaksimalkan waktu tidur siang.

Bagi Mama bekerja, ada baiknya Mama mengambil waktu 10 menit untuk tidur siang sejenak. Meski sebentar saja, tidur siang untuk ibu hamil akan memberikan energi yang sangat penting. Jika tidak mungkin tidur di kantor, Mama bisa sejenak tidur 15 hingga 20 menit  lebih lama pada pagi hari untuk energi yang lebih sepanjang hari. Setelah pulang kerja, ada baiknya Mama beristirahat terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas selanjutnya.Baca juga: Alasan mengapa Mama hamil wajib tidur siang

Bagi Mama yang di rumah dan memiliki anak kecil, ada baiknya Mama mencari waktu tidur ketika si kecil tertidur. Jangan melakukan kegiatan lain sebab saat anak tidur siang adalah waktu terbaik untuk Mama tidur siang. Ada baiknya Mama yang hamil ditemani oleh teman, anggota keluarga atau pengasuh untuk menjaga anak. Hal ini sangat diperlukan agar Mama dapat beristirahat di siang hari. Tidur sejenak selama 10 menit juga sangat membantu.Baca juga: Cara membantu ibu hamil tidur lelap

Ibu hamil susah tidur siang bisa diatasi dengan istirahat sejenak. Jangan ganggu waktu istirahat Mama dengan hal-hal lain termasuk yang dapat mengganggu pikiran. Tidak hanya fisik, pikiran dan otak Mama juga harus tetap rileks agar kesehatan Mama dan janin terjaga. Akhir pekan juga menjadi waktu yang sangat baik untuk Mama mendapatkan waktu tidur yang lebih banyak.(Niken/Everyday Families)