Bolehkah Ibu Hamil Tidur Siang?

By Gisela Niken, Rabu, 22 Juni 2016 | 23:30 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Tidur Siang? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak boleh tidur siang! Apakah hal ini benar? Pada dasarnya hal ini tidak benar lo, Mam. Para ahli justru menyarankan ibu hamil untuk tidur lebih cukup agar dapat menjaga stamina yang mungkin saja mudah berkurang apalagi ada banyak gangguan yang dialami ibu hamil pada malam hari. Artinya, sah-sah saja untuk ibu hamil tidur siang.Baca juga: Posisi tidur yang tepat saat hamil 

Ibu hamil sangat mudah lelah terutama pada trimester akhir kehamilan. Perubahan fisik seperti perut yang membesar yang dialami membuat Mama mudah lelah. Aktivitas fisik yang berkurang membuat Mama jadi mudah lelah. Salah satu cara untuk mengatasi rasa lelah tersebut adalah dengan memastikan Mama tidur dengan cukup.

Sebuah riset yang dilakukan National Sleep Foundation di Amerika mengungkapkan lebih dari separuh wanita hamil tidur siang dua kali dalam seminggu. Dalam studi tersebut diungkapkan 84% wanita hamil mengalami masalah tidur. Melihat hal ini, wanita hamil justru disarankan untuk tidur siang sebab pada malam hari mereka tidak dapat tidur dengan tenang.Baca juga: Tip ibu hamil agar tidur nyenyak

Seorang profesor psikologi di Universitas Saint Joseph, Mindell mengatakan waktu tidur siang yang terbaik untuk kesehatan mental adalah 45 menit. Wakti tidur ideal ini akan mengembalikan tenaga yang hilang. Sementara jika tidur terlalu lama, Mama akan merasa grogi dan tidak nyaman saat tidur di malam hari. Tidur yang terlalu sore juga akan menganggu jadwal tidur malam Mama lo.

Ada banyak manfaat yang Mama dapatkan saat tidur siang. Selain membuat Mama jadi berenergi, Mama bisa lebih konsentrasi saat sore hingga malam hari.  Mama juga dianjurkan untuk tidur lebih lama terutama pada trimester akhir kehamilan. Mama juga sebaiknya menyesuaikan waktu tidur siang dengan kondisi fisik Mama. Jika merasa lesu dan lelah, ada baiknya Mama lebih banyak beristirahat di siang hari.Baca juga: Ibu hamil jangan kurang tidur, ini alasannya!

Jadi, tak perlu khawatir jika ibu hamil tidur siang. Penting atau tidaknya tidur siang disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil. Biasanya, Mama yang bekerja dan terbiasa beraktivitas fisik di siang hari akan cenderung tidak terbiasa tidur siang. Waktu tidur siang ini juga disesuaikan dengan jam tidur malam Mama. Jika merasa kurang dan banyak gangguan saat tidur, ada baiknya Mama mengambil waktu tidur siang.(Niken/Pregnant Magazine/Bidanku)