Ternyata, Kekurangan Asam Folat Saat Hamil Mengakibatkan Anak Obesitas

By Gisela Niken, Minggu, 19 Juni 2016 | 22:50 WIB
Ternyata, Kekurangan Asam Folat Saat Hamil Mengakibatkan Anak Obesitas (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com -  Asam folat memang menjadi gizi penting bagi ibu hamil. Ada banyak manfaat yang didapat dari asam folat seperti mencegah cacat pada janin. Namun, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan akibat kekurangan asam folat pada janin. Penelitian yang dipublikasian JAMA Pediatrics menemukan bahwa ibu yang mendapatkan asupan asam folat lebih rendah lebih mungkin memiliki anak obesitas.Baca juga: Calon ayah juga perlu folat, lo!

Para peneliti mengamati lebih dari 1.500 pasang ibu dan anak-anak. Anak yang diteliti berusia sekitar 2 hingga 9 tahun. Para pasangan ibu dan anak ini diteliti sebelum, selama serta setelah kehamilan. Ibu yang obesitas dalam penelitian ini cenderung memiliki kadar folat yang rendah dibanding dengan ibu yang berat badan normal.

Namun, ketika para peneliti hanya memeriksa ibu obesitas, para peneliti justru menemukan bahwa selama para ibu mendapatkan asupan kadar asam folat yang cukup, anak mereka akan memiliki 43% lebih kecil kemungkinan untuk menjadi gemuk. Artinya, asupan asam folat menjadi faktor penyebab dari obesitas pada anak.Baca juga: Asam folat cegah cacat janin. Apa saja manfaat lainnya?

“Gizi ibu selama kehamilan dapat memiliki efek panjang pada kesehatan anak dan juga kesehatan ibu setelah kehamilan,” ujar Xiaobin Wang, MD, salah seorang peneliti.  Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa asam folat yang cukup juga mengurangi efek obesitas ibu pada kesehatan anak. Selama ini, berbagai penelitian menunjukkan obesitas pada ibu dapat berpengaruh pada kesehatan janin dan anak setelah lahir.

Para peneliti pun mengungkapkan asam folat tidak hanya berdampak pada janin. Asam folat pun sangat bermanfaat bagi perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, terutama bagi ibu yang mengalami obesitas. Jadi, bagi Mama yang ingin hamil ada baiknya banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat yang tinggi.Baca juga: Ini 5 makanan yang tinggi asam folat untuk cegah cacat janin

Setelah melihat akibat kekurangan asam folat pada janin, ada baiknya Mama hamil memastikan asupan asam folat. Menurut National Institues of Health, asam folat yang alami ada di dalam vitamin B. Makanan alami seperti sayuran berdaun hijau dan buah jeruk menjadi makanan yang perlu Mama konsumsi untuk mendapatkan asupan asam folat yang cukup untuk tubuh.(Niken/Fit Pregnancy)